Advertisement

Sinarmas dan Smartfren Kompak Edukasi Pemuda soal Investasi

Media Digital
Minggu, 14 Mei 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Sinarmas dan Smartfren Kompak Edukasi Pemuda soal Investasi Co-founder SimInvest & Head of Strategic & Business Development dari Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuayang (kiri) dan Chief of Customer Journey, BI and CLM Smartfren, Sukaca Purwokardjono seusai penandatanganan kerja sama, Kamis (11/5). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Platform investasi saham dan reksa dana online milik Sinarmas Sekuritas berkolaborasi dengan Smartfren menggelar kegiatan literasi keuangan dan investasi bertajuk SimInvestival Goes to Office: Smart Investment for Long Haul.

SimInvestival secara rutin digelar sejak 2022 untuk mengedukasi generasi muda terkait dengan keuangan dan investasi. Kegiatan yang biasa diadakan untuk perguruan tinggi ini untuk pertama kalinya digelar untuk karyawan perkantoran berkolaborasi dengan Smartfren.

Advertisement

Kerjasama ini juga ditandai dengan prosesi penandatanganan kerja sama yang diwakili oleh, Chief of Customer Journey, BI and CLM Smartfren, Sukaca Purwokardjono dan Co-founder SimInvest & Head of Strategic & Business Development dari Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuayang.

“Kami mendukung kegiatan bersama dengan SimInvest, karena generasi muda harus sudah mulai pintar dalam mengelola keuangan. Generasi muda saat ini yang sudah sangat melek teknologi harus bisa memanfaatkan teknologi itu secara maksimal dan positif.”ucap Sukaca Purwokardjono, Chief of Customer Journey, BI and CLM Smartfren.

BACA JUGA: Smartfren Dapat Tambahan Frekuensi 2,3 GHz untuk Tingkatkan Kualitas Layanan Telekomunikasi

Dalam kegiatan itu digelar di Auditorium Smartfren Sabang, Jakarta Pusat, Kamis (11/5) itu dihadirkan sejumlah pembicara, yakni Head of Retail Research Sinarmas Sekuritas, Ike Widiawati; Head of Strategic and Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang; dan Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu.

Ketiganya, masing-masing membawakan materi bertajuk Strategi Pensiun Dini: Cara Smart ala Generasi 5G; Berbondong-Bondong, Anti Investasi Bodong; dan Psychology of Money: Timeless Lessons on Investment.

Head of Retail Research Sinarmas Sekuritas, Ike Widiawati mengamini ada banyak alasan orang pensiun, mulai dari pilihan hingga keterpaksaan. “Maka dari itu, kita harus memikirkan risiko-risiko tersebut agar punya keleluasaan dan ketenangan dalam menjalani hidup,” ujar Ike melalui rilis, Minggu (14/5).

Ike juga mengajak para peserta untuk mulai berinvestasi, mulai dari uang kecil, lalu besarannya dinaikkan secara bertahap. Jika untuk perencanaan pensiun, maka instrumen investasi yang dipilih diprioritaskan sisi keamanannya untuk jangka panjang.

Head of Strategic and Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang menjelaskan bahwa salah satu hambatan dalam merencanakan keuangan adalah tergiur iming-iming keuntungan yang besar, seperti yang dialami banyak korban investasi bodong.

“Sebagian besar korban terbuai dengan iming-iming imbal hasil besar dan berpikir bahwa ada cara cepat mendapat keuangan. Ciri khas dari investasi bodong ini adalah iming-iming imbal hasil yang pasti dan tidak masuk akal, tidak ada izin usaha, dan biasanya menggunakan skema ponzi atau money game,” ucap dia.

Sementara Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management, Genta Wira Anjalu menjelaskan bahwa dalam berinvestasi ada banyak strategi yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dari masing-masing investor.

Dia menjelaskan, berdasarkan kinerja sejak 2009-2019, maka saham memiliki return paling tinggi 11,7%, disusul obligasi 9,88%.

Meski demikian dari total lebih dari 700 emiten di pasar modal hanya 30 persen di antaranya yang memberikan return lebih tinggi dari IHSG. “Untuk itu pentingnya menimbang kembali profil risiko masing-masing untuk menyesuaikan dengan tujuan keuangannya,” ucap Genta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement