Advertisement

Kemenperin: Industri Makan dan Minum Tumbuh 5,35 Persen di Kuartal Pertama 2023

Sunartono
Kamis, 10 Agustus 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Kemenperin: Industri Makan dan Minum Tumbuh 5,35 Persen di Kuartal Pertama 2023 Foto ilustrasi. Industri makan dan minum atau food and beverage (F&B) berkontribusi penting dalam perekonomian secara nasional di luar nonmigas. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Industri makan dan minum atau food and beverage (F&B) berkontribusi penting dalam perekonomian secara nasional di luar nonmigas. Pada kuartal pertama 2023 saja industri ini tumbuh di angka 5,35% secara nasional.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika dalam pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 yang digelar di Hall Jakarta International Expo (JIEXPO) beberapa waktu lalu.

Advertisement

Putu mengatakan tingginya perkembangan industry makan dan minum itu tidak lepas dari banyaknya event dari skala nasional maupun internasional yang selalu memberikan ruang kepada pelaku usaha kuliner.

BACA JUGA : Puluhan Industri Baru Tumbuh di Kulonprogo

Ia mengakui industri makan dan minum (F&B) merupakan motor utama pertumbuhan industri pengolahan nonmigas di Indonesia. Pada kuartal pertama 2023 misalnya industri makan dan minum tumbuh di angka 5,35%. Angka ini sejalan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional yaitu 5,03%.

“Industri F&B memberikan nilai positif pada neraca perdagangan mencapai nilai 11,48 miliar dollar AS. Industri ini sendiri berada pada posisi ketiga investasi yang paling menarik di Indonesia dengan nilai investasi sebesar Rp19,6 triliun mampu menyerap 5,7 juta tenaga kerja,” kata Putu dalam rilisnya Rabu (9/8/2023).

Industri F&B memberikan multilayer effect yang besar terhadap perekonomian. Oleh karena itu kebijakan pemerintah diarahkan untuk meningkatkan daya saing, memperluas akses pasar dan pengurangan hambatan ekspor. “Dukungan pemerintah terhadap pameran berskala internasional seperti FHI adalah upaya peningkatan ekspor dari sisi permintaan,” katanya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan event memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan industri makan dan minum. Ia mencontohkan FHI 2023 merupakan pameran industri makan minum perhotelan terbesar di Asia Tenggara.

“Terselenggaranya banyak event merupakan bentuk kepedulian terhadap industri F&B dan perhotelan, sekaligus mendorong pelaku usaha agar berinovasi menggunakan bahan unggulan asli Indonesia,” katanya.

Event Director FHI 2023 Juanita Soerakoesoemah mengatakan awalnya FHI hanya berjalan dua tahun sekali, saat ini digelar setahun sekali untuk memberikan akses kepada pelaku industri dan memperluas pasar. Selain itu untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha karena dalam praktiknya banyak jalinan bisnis yang terjadi selama pameran berlangsung. Diikuti 750 perusahaan yang terdiri dari 450 perusahaan lokal atau nasional dan 300 perusahaan luar negeri.

BACA JUGA : Sebanyak 229 Industri Baru Tumbuh di Kulonprogo

“Ini bisa mempertemukan pelaku industri dan calon customer, agar terjadi pembicaraan hingga perjanjian bisnis yang difasilitasi oleh business matching mrogramme. Ada platform bagi pengunjung dan customer untuk dapat melakukan pertemuan bisnis secara privat dengan perusahaan peserta pameran. Ada lebih dari 450 business meetings,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Pilkada, Bawaslu Bantul Minta Pemkab Review dan Revisi Perbup Tentang APK

Bantul
| Jum'at, 17 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement