Advertisement

Jelang Harpelnas 2023, Tokopedia Care Optimalkan Layanan Pelanggan

Lajeng Padmaratri
Kamis, 31 Agustus 2023 - 23:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Jelang Harpelnas 2023, Tokopedia Care Optimalkan Layanan Pelanggan Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega (kiri) bersama Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe (kanan) pada acara Media Briefing Sambut Hari Pelanggan Nasional 2023 di Tokopedia Care Jogja, Kamis (31/8/2023). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tumbuh sebagai perusahaan teknologi tidak membuat Tokopedia meninggalkan sisi sentuhan kemanusiaan. Melalui layanan pelanggan Tokopedia Care, platform lokapasar ini berupaya memberikan pengalaman optimal bagi pelanggan.

Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe menuturkan bahwa Tokopedia menyambut Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2023 yang diperingati setiap 4 September dengan sejumlah inovasi yang menggabungkan tiga elemen, yaitu human touch (sentuhan kemanusiaan), teknologi, serta suara pelanggan.

Advertisement

BACA JUGA: Ingin UMKM Maju, Tokopedia Pastikan 100% Penjualnya Lokal

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia berupaya memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan lewat Tokopedia Care, pusat layanan pelanggan yang 100% berbasis digital dan tersedia 24/7 melalui berbagai kanal, sehingga pertanyaan pelanggan dapat dijawab secara cepat, tepat dan transparan,” ungkap Rudy dalam media briefing di Tokopedia Care Jogja, Kamis (31/8/2023).

Saat ini, Tokopedia sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Pelanggan Tokopedia pun mencakup pembeli maupun penjual. Maka untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan, ribuan Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) terus menciptakan berbagai inovasi di ranah customer experience.

“Misalnya lewat manajemen service-based, yang mana jalur penanganan pertanyaan pelanggan kini disesuaikan berdasarkan topik sehingga solusi yang ditawarkan Tokopedia Care bisa lebih akurat serta personalisasi customer experience yang memberikan pengalaman yang lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan,” jelas Rudy.

BACA JUGA: Nilai Oktan Pertalite Ditingkatkan, Dewan Energi Pastikan Harga Tetap Rp10.000

Ia menambahkan bahwa Tokopedia Care juga berinvestasi di artificial intelligence (AI) dan automasi guna meningkatkan kualitas dan efisiensi customer experience melalui automasi dan TANYA (asisten virtual Tokopedia Care). Selain itu, juga ada pengembangkan real-time customer engagement hub yang merupakan sistem untuk memantau aktivitas internal dan sentimen eksternal, contohnya di media sosial, secara real-time.

Rudy memastikan bahwa inovasi selalu dilakukan Tokopedia, sebab saat ini para pelanggan terus-menerus berekspektasi mengenai layanan. Kondisi ini disiasati Tokopedia dengan mendengar suara pelanggan.

“Masukan pelanggan itu penting, dan kami bawa masukan itu ke teman-teman product dan teknologi. Jadi mereka punya akses ke masukan pelanggan, sehingga masalahnya bisa langsung terselesaikan. Dengan begitu, kami ingin mendahului ekspektasi pelanggan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement