Advertisement

Pembiayaan Mobil Bekas Naik, Bagaimana dengan Penjualan Mobil Baru?

Anisatul Umah
Selasa, 19 September 2023 - 12:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembiayaan Mobil Bekas Naik, Bagaimana dengan Penjualan Mobil Baru? Pameran bertajuk SOBAT Expo di Atrium Jogja City Mall (JCM), Selasa (12/9 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Adira Finance menyebut pembiayaan mobil bekas meningkat seiring dengan meningkatnya penjualan mobil baru. Hal tersebut disampaikan oleh Sales Head Adira Finance Jogja I, Damas Priatmoko.  

Menurutnya dibandingkan pandemi Covid-19 dua tahun lalu pengajuan pembiayaan mobil bekas tahun ini sudah jauh lebih baik. Di aplikasi pengajuan sudah mencapai 50-an unit meski masih harus disaring lagi. Dalam pameran bertajuk SOBAT Expo di Atrium Jogja City Mall (JCM) 11-17 September 2023 lalu juga target pembiayaannya juga tercapai, yakni 10 unit mobil bekas.

BACA JUGA: Selain TPA Putri Cempo, Kebakaran juga Melanda TPA Jatibarang Semarang

"Tentunya [pembiayaan mobil bekas] lebih baik dibandingkan pandemi. Pengajuan mobil bekas sesuai target. Saat sekarang sudah lumayan, aplikasi pengajuan bisa sampai 50 pengajuan, tetapi masih disaring, tidak semua bisa masuk. Target kredit 10 mobil bekas [dalam pameran] dan tercapai," ucapnya, Selasa (19/9/2023).

Tidak hanya mobil bekas, saat ini pengajuan pembiayaan mobil baru juga cukup banyak. Kondisi ini berbeda dengan saat pandemi Covid-19 di mana untuk mendapatkan pengajuan satu unit saja susah sebab ekonomi sedang terpuruk.

"Berbanding lurus dengan pengajuan baru dan bekas. Pasti ada korelasinya, positif antara penjualan motor baru dan bekas, dan juga sama untuk mobil. Semakin banyak penjualan mobil baru, berarti stok di bekasnya juga semakin banyak, seperti itu korelasinya," kata Damas.

Sampai dengan akhir tahun ini diperkirakan pembiayaan pada mobil bekas masih akan bagus. Sebab berakhirnya pandemi membuat pariwisata di Jogjakarta semakin membaik. Di mana kebangkitan wisata menjadi salah satu parameter bangkitnya ekonomi Jogja.

Advertisement

"Jogja parameter ekonominya ada di mahasiswa dan pariwisata, dua item itu yang menggerakkan ekonomi Jogjakarta. Masih tumbuh head to head dengan kemarin masih pandemi dan sekarang sudah berangsur pulih, meski belum pulih sepenuhnya," jelasnya.

BACA JUGA: Wuling Akan Luncurkan Beragam Varian Mobil Listrik di Indonesia

Sebelumnya, melansir dari JIBI/Bisnis.com, sejumlah perusahaan multifinance atau leasing mencatatkan peningkatan pembiayaan mobil bekas pada semester I/2023. Pertumbuhan tersebut didorong oleh meningkatnya mobilitas masyarakat. Saat bersamaan, pertumbuhan penjualan mobil baru juga turut meningkat.  

PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN) misalnya mencatatkan peningkatan 20% pembiayaan mobil bekas menjadi sekitar Rp1,65 triliun pada semester I/2023. Pada periode yang sama pada tahun sebelumnya CFIN mencatatkan pembiayaan mobil bekas yakni Rp1,38 triliun.

"Pertumbuhan mobil bekas sejalan penjualan mobil baru. Jika penjualan mobil baru meningkat mobil bekas juga akan tumbuh seiring dengan ketersediaan stok kendaraan," kata Direktur Utama Clipan Finance Harjanto Tjitohardjojo.

Di sisi lain, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance mencatatkan pembiayaan mobil bekas sebanyak Rp2,6 triliun pada semester I/2023 Angka tersebut naik 26 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Chief Financial Officer (CFO) Adira Finance Sylvanus Gani mengatakan pihaknya masih optimis terhadap pertumbuhan bisnis mobil bekas, meskipun banyak bermunculan tipe dan varian mobil baru yang menarik. Menurutnya mobil baru yang diluncurkan umumnya harganya pun naik cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Target Pembayaran PBB-P2 Kulonprogo Tercapai Rp5,3 Miliar

Kulonprogo
| Jum'at, 03 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement