Advertisement

Dorong Inovasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi, Astragraphia Gelar Kelas ASIK di Jogja

Media Digital
Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:57 WIB
Anisatul Umah
Dorong Inovasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi, Astragraphia Gelar Kelas ASIK di Jogja Branch Manager PT Astra Graphia Tbk Semarang, Wahyudi (kiri) bersama Kepala Disperinkop-UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo (kedua kiri) dalam acara Kelas Asik di PDIN, Rabu (4/10/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Perusahaan publik yang berfokus di bidang usaha printing dan digital, PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) menggelar Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (ASIK) di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN), Gondokusuman, Kota Jogja, Rabu (4/10/2023). Kelas ASIK ini diikuti sekitar 50 UMKM dari Kota Jogja.

Branch Manager PT Astra Graphia, Tbk Semarang, Wahyudi menyampaikan tahun ini kelas ASIK telah digelar di beberapa kota lain seperti Bogor, serta dua lokasi di Denpasar, Bali, yakni Jembrana, dan Buleleng.

Advertisement

Menurut dia, Jogja juga dipilih menjadi kota tujuan karena identik dengan kota yang kreatif. "Bicara Jogja ini kan kota yang sangat kreatif. Kalau bicara industri yang ada di Jogja kan tourism, hospitality, dan pendidikan. Kami cukup surprise juga kalau bicara UMKM kan luar biasa banyak sekali, yang ada di Jogja [Kota Jogja] sekitar 13.000 UMKM. Menurut kami ini harus berkontribusi positif," ucapnya.

Astragraphia memiliki semangat dan komitmen untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari Astragraphia, kata dia, memiliki semangat memberikan kebermanfaatan bagi bangsa dan negara. Terbagi dalam empat pilar, diantaranya kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

"Kelas ASIK ini dibuat pada 2020 waktu awal pandemi, waktu itu kami daring dan Jogjakarta pernah menjadi pesertanya. Kami ingin memberikan manfaat khususnya di bidang kewirausahaan melalui Kelas ASIK ini. Kami menggandeng semua stakeholder untuk mengajak teman-teman UMKM naik kelas," jelasnya.

BACA JUGA: Astragraphia Hadirkan Inovasi Digital untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan

Dia menjelaskan ada tiga sesi yang disampaikan dalam Kelas ASIK kali ini, yakni Kebijakan Pengembangan UMKM Kota Jogja; Kemasan Menarik Bikin Konsumen Melirik; dan Kemasan Cantik Omzet Naik.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan awareness teman-teman UMKM di Kota Jogja untuk membuat branding dari sisi packaging dan labeling. Sehingga nilai dari produk bisa meningkat. "Kami pengin UMKM naik kelas. Jika UMKM naik kelas dari sisi revenue ekonomi akan tumbuh," ucap Wahyudi.

Setelah dari Jogja, Kelas ASIK akan digelar kembali di Semarang pada November 2023 mendatang. Tidak hanya bagi UMKM di Semarang harapannya bisa merangkul UMKM di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM (Disperinkop-UKM) Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo mengapresiasi atas digelarnya Kelas ASIK .

Menurutnya, kelas-kelas semacam ini memang dibutuhkan oleh UMKM, sehingga produk yang belum menarik bisa diakselerASIKan agar menjadi lebih menarik.

Dia menjelaskan jumlah UMKM di Kota Jogja saat ini mencapai 13.468 unit dan masih terus bertambah. “Saat ini, tantangan UMKM adalah soal daya saing, serta packaging yang lebih menarik.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Generasi Muda DIY Harus Dibekali Pendidikan Karakter yang Mumpuni

Sleman
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement