Advertisement

OJK DIY: Ada 4 BPR Tambah Setoran Modal Inti

Anisatul Umah
Rabu, 10 Januari 2024 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
OJK DIY: Ada 4 BPR Tambah Setoran Modal Inti Otoritas Jasa Keuangan-OJK - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY mengungkapkan ada empat Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di DIY yang telah menambah setoran modal untuk memenuhi modal inti minimum Rp6 miliar.

Kepala OJK DIY, Parjiman mengatakan saat ini sedang dilakukan penelitian terkait dengan efektivitasnya. Saat ini juga ada 1 BPR yang sudah berencana untuk merger dengan grup lainnya di luar DIY.

Advertisement

"Ada 4 BPR yang telah melakukan tambahan setoran modal saat ini sedang dilakukan penelitian efektivitasnya," ucapnya, Rabu (10/01/2024).

Menurutnya berdasarkan hasil evaluasi nantinya, jika dinyatakan efektif berarti sudah memenuhi modal inti minimum. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

"Antara lain tidak boleh berasal dari utang dan/atau pencucian uang, dokumen/bukti lengkap, dan lainnya," kata Parjiman.

Baca Juga

OJK DIY Dorong BPR Merger Jadi Satu Supaya Kuat

OJK Cabut Izin Usaha BPR Wijaya Kusuma di Awal 2024

OJK Berencana Turunkan Jumlah BPR, Dari 1.600 Jadi 1.000

Dia menjelaskan guna memastikan pemenuhan modal inti minimum tersebut di RBB (Rencana Bisnis Bank) 2024 OJK DIY meminta kepada BPR yang belum memenuhi untuk membuat action plan rencana pemenuhannya.

"Baik dengan tambahan modal disetor dari pemegang saham eksisting, mengundang investor baru dan/atau bergabung (merger) dengan BPR lain. Kami akan lakukan evaluasi terhadap RBB dimaksud," jelasnya.

Sebelumnya dia menyampaikan dari sekitar 14-an BPR/BPRS yang modal inti minimumnya kurang, kini tinggal sekitar 10 BPR/BPRS.

Terkait dengan pemenuhan modal inti minimum berdasarkan dengan ketentuan, untuk BPR maksimal di akhir tahun 2024, sementara BPR Syariah di akhir tahun 2025.

"Memang masih ada beberapa BPR dan BPRS di DIY itu yang modal inti minimumnya di bawah ketentuan Rp6 miliar, tapi masih ada waktu." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Peringati Hari Bakti Dokter Indonesia, Bupati Sleman Buka Baksos Operasi Bibir Sumbing

Sleman
| Sabtu, 18 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement