Advertisement

Dinkop UKM DIY Sebut Rasio Kewirausahaan DIY Sudah Mencapai 4%

Anisatul Umah
Rabu, 31 Januari 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dinkop UKM DIY Sebut Rasio Kewirausahaan DIY Sudah Mencapai 4% (paling kanan) Kabid Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan dan (paling kiri) Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan dalam diskusi 'Membangun Kemampuan Digital UMK yang Berdaya Saing dan Inklusif di Yogyakarta' di FBE UAJY, Rabu (31/01 - 2024). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) DIY menyebut saat ini capaian rasio kewirausahaan DIY sudah mencapai 4%. Capaian ini sudah di atas target nasional.

"Sebenarnya di pertengahan tahun, enam bulan pertama 2023 kami sudah mencapai 4 persen. Kami nomor dua setelah DKI ini cukup punya nilai tawar," ucap Kabid Kewirausahaan Dinas Koperasi UKM DIY, Wisnu Hermawan ditemui di sela-sela diskusi Membangun Kemampuan Digital UMK yang Berdaya Saing dan Inklusif di Yogyakarta di FBE UAJY, Rabu (31/01/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan capaian ini menunjukkan banyak wirausaha tumbuh di DIY. Dinkop UKM DIY berharap agar ke depan semakin banyak wirausaha tumbuh di DIY.

"Secara agregat angka 4 persen ini sudah cukup sesuai dengan target Pemerintah Pusat. Capaian nasional masih di bawah 4 persen , besarannya 3 persen sekian, DIY sudah lumayan cukup bisa bersaing," jelasnya.

Setiap tahun ditargetkan tumbuh 10.000 wirausaha dengan dukungan dari semua pihak, tidak hanya Dinkop UKM. Menurutnya Dinkop UKM menjadi salah satu sektor yang punya kompetensi untuk mengkoordinir tumbuhnya wirausaha.

"Kami yakin, optimistis, target di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) ataupun di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) wirausaha baru skala Jogja bisa terlampaui," lanjutnya.

Baca Juga

BPO DIY Gelar Seleksi Sentra Kewirausahaan Pemuda, Total Hadiah Rp126,5 Juta

Catat! 4 Fakta Kewirausahaan yang Perlu Anda Ketahui

Pemenang Sentra Kewirausahaan Pemuda Diminta Lebih Mengembangkan Sentra Usahanya

Lebih lanjut dia menjelaskan terkait dengan jumlah UMKM yang sudah melek digital, jika mengikuti logika pemerintah maka 340.000 UMKM yang sudah bergabung dengan Platform Digital SiBakul dianggap sudah melek digital. Berdasarkan Online Single Submission (OSS) sudah ada 130.000 UMKM, sementara berkaca dari prediksi BPS sudah ada sekitar 500.000.

"Hanya enggak semua UMKM kami berikan kebebasan masuk ke market hub, yang daftar SiBakul saja ada 50.000 yang lolos seperempatnya. Tidak semua lolos karena kami kurasi. Karena kalau masuk digital kami juga pertimbangkan keamanan produk."

Senior Lead Public Affairs Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan dukungan selalu diberikan untuk digitalisasi UMKM, dengan melakukan pelatihan rutin ke daerah-daerah. Ada program kelas maju digital spesifik memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para pengusaha di daerah.

"Kelas maju digital ada turunanya lagi kelas perempuan maju digital dispesifikan bagi ibu-ibu rumah tangga yang memang mau scale up supaya jadi pemilik usaha berskala nasional. Dan [program] beli lokal tujuannya supaya masyarakat di daerah beli dari sekitarnya. Utamanya pencarian di Jogja penjualnya di sekitar dulu, supaya pemerataan ekonomi digital," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement