Advertisement

Prakerja Dibuka Lagi Mulai Hari Ini, Begini Cara Mengaksesnya

Annasa Rizki Kamalina
Jum'at, 23 Februari 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Prakerja Dibuka Lagi Mulai Hari Ini, Begini Cara Mengaksesnya Foto ilustrasi prakerja. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pemerintah kembali melanjutkan program Kartu Prakerja pada 2024 dengan membuka kuota sebanyak 1.148.000 atau sekitar 1,15 juta penerima manfaat. 

Pembukaan gelombang akan mulai pada hari ini, Jumat (23/2/2024), pukul 19.00 WIB yang dapat diakses pada laman resmi www.prakerja.go.id.   “Pada hari ini, dibuka gelombang baru penerima Prakerja. Dengan target peserta sebesar 1,148 juta. Kuota ini akan dieksekusi secara bertahap oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja [MPPKP],” ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam rapat Komite Cipta Kerja, Jumat.

Advertisement

Airlangga melihat dalam evaluasi program ini, bahwa Kartu Prakerja telah terbukti efektif dalam membantu masyarakat luas untuk mendapatkan pekerjaan juga meningkatkan semangat belajar melalui digitalisasi.

Dia menyebutkan bahwa dampak mengenai peningkatan peluang kerja ini juga dikonfirmasi oleh studi dari Asian Development Bank (ADB), di mana angkanya mencapai 95%.  Pada tahun lalu, angka kepesertaan Kartu Prakerja dengan skema normal lebih tinggi 14,29% dari target awal. 

Dalam periode itu pula, Prakerja berkolaborasi dengan 245 lembaga pelatihan untuk menyediakan tidak kurang dari 1.216 pelatihan mulai dari pelatihan tatap muka (luring) maupun webinar (daring) dalam berbagai kategori pelatihan seperti greenskills, digital termasuk AI, yang mendukung hilirisasi.  

Sementara sejak awal peluncurannya pada 2020-2023, program ini telah memberikan manfaat kepada 17,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia. 

Selama tiga tahun lebih, Kartu Prakerja telah memberikan akses pelatihan secara inklusif di antaranya 51% perempuan, 48% berasal dari 212 kabupaten/kota miskin ekstrem, 2% dari kabupaten/kota tertinggal, dan 3% dari penyandang disabilitas.

BACA JUGA: Siap Kerja dengan Kartu Prakerja

Pada pelaksanaan Kartu Prakerja tahun ini pula, pemerintah mengaktifkan kembali pelatihan asynchronous, khususnya untuk peserta dari Indonesia Timur yang memiliki perbedaan waktu. 

Asynchronous adalah moda pembelajaran mandiri atau self-paced learning (SPL). Metode ini memiliki keunikan di mana pelatihan harus diakses sesuai alur/sequence yang disampaikan dan tidak bisa di-skip maupun dipercepat.

Meskipun moda ini dapat memberikan fleksibilitas, tetapi moda ini membutuhkan komitmen personal yang lebih tinggi dari penggunanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement