Advertisement

Wisman Thailand Lebih Hemat 30 Persen, Jika Ada Penerbangan Langsung YIA-Bangkok

Anisatul Umah
Rabu, 10 Juli 2024 - 16:17 WIB
Sunartono
Wisman Thailand Lebih Hemat 30 Persen,  Jika Ada Penerbangan Langsung YIA-Bangkok Ilustrasi penerbangan - Alamy

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— DPD Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY terus mendorong penerbangan langsung YIA-Bangkok segera dibuka. Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Asita DIY, Edwin Ismedi Himna mengatakan selama ini penerbangan dari Bangkok baru ada ke Jakarta dan Bali.

Menurutnya jika ada penerbangan langsung YIA-Bangkok maka ongkos penerbangan bisa ditekan hingga 30%. Penerbangan ke Jakarta dan Bali juga tidak tersedia setiap hari sehingga masih kurang. Jumlah penerbangan saat ini lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi Covid.

BACA JUGA : Kunjungan Wisman ke DIY Naik 1.100 Persen di Bulan September 2023

Advertisement

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan industri sangat mendukung dibukanya penerbangan langsung YIA-Bangkok, tapi kewenangan adan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Hotel dan restoran masih affordable [di DIY], cuma kendala di pesawat," ucapnya, Rabu (10/7/2024).

Ia berpandangan untuk mendesak kementerian di pusat perlu juga desakan dari daerah. Asita DIY berencana meminta Dinas Pariwisata DIY turut mendesak.

Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) Thailand ke Indonesia menurutnya di 2023 sebanyak 100.000 dan di 2024 diperkirakan naik jadi 120.000. Penerbangan yang masih kurang jadi kendala mendorong kunjungan ini. "Infrastruktur cukup banget," lanjutnya.

BACA JUGA : Turis Eropa Mulai Berkunjung ke DIY Juni Ini

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardianto mengatakan perlu komunikasi intens Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, Kemenhub, dan pemangku kepentingan lain untuk mendukung akses penerbangan langsung YIA-Bangkok ini. Sehingga memberikan kelancaran Wisman asal Thailand berkunjung ke Indonesia.

Bobby mengatakan Candi Borobudur akan menjadi magnet utama market pilgrim dari Thailand. Disamping menjadi hub Wisman yang akan ke Indonesia. "Sudah urgent didukung aksesibilitas direct," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mahasiswa UPN Veteran Jogja Hilang Sejak Juli Lalu, Terakhir Kali Terpantau di Gunungkidul

Sleman
| Minggu, 08 September 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement