Advertisement

GAIA Cosmo Yogyakarta Gelar Pameran Lukisan Melibatkan 13 Seniman

Media Digital
Jum'at, 26 Juli 2024 - 09:37 WIB
Anisatul Umah
GAIA Cosmo Yogyakarta Gelar Pameran Lukisan Melibatkan 13 Seniman General Manager GAIA Cosmo Yogyakarta, Ivan Andries (dua dari kiri) menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan pameran digelar pada Kamis malam, (25/7 - 2024). Harian Jogja / Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—GAIA Cosmo Yogyakarta menggelar Art Exhibition bertajuk 'Be Yourself' di area lobby dan koridor lantai 1 hotel melibatkan 13 seniman. Pembukaan pameran digelar pada Kamis malam, (25/7/2024) dan gelaran ini akan berlangsung hingga 1 September 2024 mendatang.

General Manager GAIA Cosmo Yogyakarta, Ivan Andries mengatakan sejak awal berdiri pada 2016 GAIA Cosmo Yogyakarta berkomitmen menjadi hotel art yang terbuka terhadap kolaborasi seni dan juga melestarikan kebudayaan lokal. Apresiasi pada dua hal tersebut terlihat dari adanya karya seni yang terinstal di beberapa sudut hotel.

Advertisement

Dia mengatakan, kali ini GAIA Cosmo Yogyakarta berkolaborasi dengan 13 seniman lokal untuk menyelenggarakan Art Exhibition. Diharapkan pameran ini bisa menjadi landscape seni dan kebudayaan khususnya di Kota Jogja. Serta bisa menginspirasi seniman untuk terus berkarya dan mengekspresikan diri.

"Terima kasih kepada para seniman yang terlibat dalam exhibition dan dukungan semua pihak, khususnya Dinas Kebudayaan Kota Jogja," ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Yetti Martanti menyampaikan apresiasi kepada GAIA Cosmo Yogyakarta yang telah membuka ruang bagi pelaku seni khususnya pelukis. Diberikan ruang untuk berkarya dan berekspresi, dan juga semakin membuka ruang-ruang bagi masyarakat untuk menikmati seni.

Ia mengatakan kolaborasi ini sangat indah karena bisa menjadi value khususnya wisatawan untuk menikmati suasana keunikan Jogja. Tamu bisa menikmati atmosfer yang kental pada budaya sehingga bisa membuat length of stay meningkat. Diharapkan kegiatan semacam ini bisa berkelanjutan.

BACA JUGA: Peduli Lingkungan, GAIA Cosmo Lakukan Penanaman Pohon dan Pembersihan Pantai di Area Goa Cemara

"Kota Jogja variatif tidak hanya di lukisan, mungkin juga instalasi seni lain. Selamat untuk GAIA Cosmo yang berhasil selenggarakan Art Exhibition," ungkapnya.

Kurator, Dwipo Hadi menjelaskan di Jogja senimannya surplus namun tempat untuk pameran pertumbuhannya sedikit. Akhirnya seniman bingung mencari tempat pameran. Sekitar lima tahun ke belakang ia mengaku mulai bergerak menyelenggarakan pameran di hotel-hotel.

Menurutnya hotel menjadi ruang alternatif. Dulunya antara seniman dan pihak art space ada batasan komunikasi, seniman bingung cari tempat, dan art space bingung mencari seniman.

"Semoga pameran kali ini yang kami selenggarakan dampaknya nanti positif untuk GAIA Cosmo dan juga seniman," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement