Advertisement

Wujudkan Indonesia Emas 2045, KPP Pratama Sleman Gelar Pajak Bertutur 2024

Media Digital
Jum'at, 09 Agustus 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Wujudkan Indonesia Emas 2045, KPP Pratama Sleman Gelar Pajak Bertutur 2024 Siswa SMA 1 Godean dan peserta Pajak Bertutur berfoto bersama. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sleman menggelar kegiatan Pajak Bertutur di SMA Negeri 1 Godean pada Selasa (6/8/2024) yang diikuti oleh 216 siswa kelas X sekolah tersebut

Kegiatan Pajak Bertutur tahun ini mengambil tema Lampaui Batas, Bersatu untuk Indonesia Emas dengan tagline Pajak Bertutur 2024 : Sehari Mengenal, Selamanya Bangga.

Advertisement

Kegiatan Pajak Bertutur 2024 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Godean, Surahman serta Kepala KPP Pratama Sleman, Moch. Luqman Hakim.

Kepala SMA Negeri 1 Godean, Surahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPP Pratama Sleman yang telah memilih SMA Negeri 1 Godean sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Pajak Bertutur 2024.

Dia berharap kegiatan Pajak Bertutur 2024 dapat menambah pengetahuan dan pemahaman tentang perpajakan bagi siswa kelas X sehingga akan tercipta generasi muda sadar pajak.

Kepala KPP Pratama Sleman, Moch. Luqman Hakim menyampaikan bahwa kegiatan Pajak Bertutur 2024 merupakan kegiatan mengajar tentang pentingnya pajak kepada pelajar di sekolah tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi.  

Luqman juga mengatakan bahwa  peran pajak sangat penting untuk membiayai kelangsungan negara. Target penerimaan pajak untuk tahun ini adalah sebesar Rp1.988,9 triliun, atau 71%  dari total pendapatan negara.

Dari total penerimaan negara tersebut, kata dia, 20 persennya adalah untuk pendidikan, sehingga dirasa penting untuk menanamkan kesadaran pajak sedini mungkin.

Kegiatan Pajak Bertutur dilaksanakan secara serentak oleh seluruh unit kerja Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di Indonesia dengan memanfaatkan momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Kegiatan  ini  bertujuan menanamkan sejak dini kepada para siswa kesadaran tentang pentingnya peran pajak sebagai sumber utama dalam pembangunan negara sehingga kelak ketika dewasa mereka dapat melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sebagai warga negara yang baik.

Pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur 2024 dipandu secara langsung oleh tim pemateri dari KPP Pratama Sleman.

Materi yang disampaikan antara lain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan dompet negara; peran pajak sebagai tulang punggung pembangunan negara; dan peran siswa saat ini dalam pembangunan dapat diwujudkan dengan disiplin, mematuhi tata tertib, menjaga nama baik diri sendiri dan sekolah, giat belajar dan berlomba-lomba meraih prestasi.

Selain itu tim pemateri juga memberikan beberapa permainan yang menarik sebagai ice breaking. Seluruh siswa tampak antusias dalam mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dan foto bersama seluruh peserta dengan tim panitia dari KPP Pratama Sleman.             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Damri Titik Nol Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Kamis 19 September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement