Advertisement

Mulai Oktober 2024 Ada Penerbangan Charter Langsung Bangkok-YIA

Anisatul Umah
Selasa, 13 Agustus 2024 - 16:27 WIB
Maya Herawati
Mulai Oktober 2024 Ada Penerbangan Charter Langsung Bangkok-YIA Tiket pesawat / Ilustrasi freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Otorita Borobudur (BOB) menyebut pada Oktober 2024 mendatang akan tersedia penerbangan charter Bangkok-Yogyakarta International Airport (YIA). Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin mengatakan penerbangan langsung Bangkok-YIA terus didorong oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar segera terealisasi.  

Dia menyebut saat ini sudah ada pertemuan intensif antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok dengan Tourism Authority of Thailand (TAT). Sebagai tindak lanjut dari pertemuan antara Deputi Pemasaran Kemenparekraf dengan Direktur TAT.

Advertisement

Menurutnya saat ini sedang dikaji terkait dengan kemungkinan penerbangan charter langsung dari Bangkok ke DIY oleh maskapai Air Asia.

TAT telah berkoordinasi erat dengan Air Asia dan 10 travel agent di Bangkok yang menjual paket wisata ke DIY. "Rencana peluncuran penerbangan charter tersebut diharapkan dapat dimulai pada bulan Oktober 2024," ucapnya, Selasa (13/8/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan penerbangan ini rencananya berjalan dengan frekuensi satu kali penerbangan dalam seminggu. Kapasitas 183 kursi setiap penerbangannya. "Syarat dari maskapai minimal keterisian mencapai 80 persen," tuturnya.

BACA JUGA: Polisi Kantongi Ciri-ciri Pelaku Pelecehan Perempuan di Jalan Raya Sleman

Sebelumnya, DPD Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) DIY mendorong penerbangan langsung YIA-Bangkok segera dibuka. Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Asita DIY, Edwin Ismedi Himna mengatakan selama ini penerbangan dari Bangkok baru ada ke Jakarta dan Bali.

Edwin mengatakan jika ada penerbangan langsung YIA-Bangkok maka ongkos penerbangan bisa ditekan hingga 30%. Penerbangan ke Jakarta dan Bali juga tidak tersedia setiap hari sehingga masih kurang. Jumlah penerbangan saat ini lebih sedikit dibandingkan sebelum pandemi Covid.

Kemenparekraf bersama dengan industri sangat mendukung dibukanya penerbangan langsung YIA-Bangkok, tapi kewenangan ada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Hotel dan restoran masih affordable [di DIY], cuma kendala di pesawat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Damri Titik Nol Malioboro Jogja ke Pantai Baron Gunungkidul Kamis 19 September 2024

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement