Advertisement

Jogja Fintech Security Conference 2024 Bakal Digelar di Yogyakarta

Media Digital
Senin, 26 Agustus 2024 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Jogja Fintech Security Conference 2024 Bakal Digelar di Yogyakarta Jogja Fintech Security Conference 2024 Bakal Digelar di Yogyakarta

Advertisement

JOGJA—Sebuah forum bertajuk Jogja Fintech Security Conference 2024 yang mengumpulkan para pakar untuk berbagi wawasan dan perkembangan keamanan financial technology (fintech) segera dilangsungkan.

Forum ini digelar menilik perkembangan industri fintech yang sangat pesat sehingga memunculkan banyak peluang sekaligus ancaman. Untuk menghadapi ancaman yang semakin canggih, maka dibutuhkan solusi keamanan.

Advertisement

Perhelatan ini akan digelar pada 11-13 Oktober 2024 di Hotel Tentrem Yogyakarta oleh Sysbraykr dan dikelola serta diselenggarakan oleh PT Gelora Energi Indonesia (GRIND).

"Kami melihat ada beberapa alasan mengapa ancaman sangat penting mendapatkan solusi terbaik khususnya di bidang fintech. Hal ini penting karena akan berdampak pada keberlanjutan bisnis, menggurangi risiko finansial, peningkatan kepercayaan pengguna, termasuk pengelolaan sumber daya yang efisien dan masih banyak alasan lainnya," ucap Mada R. Perdhana, founder dan CEO Sysbraykr yang merupakan penyelenggara acara melalui siaran pers yang diterima oleh Harianjogja.com, pada Senin, (26/8/2024).

Lebih lanjut Mada menerangkan, dalam kesempatan ini Jogja Fintech Security Conference 2024 menghadirkan para pakar dari berbagai perspektif. "Dengan kehadiran mereka memungkinkan seminar ini menjadi platform yang komprehensif untuk bertukar ilmu, strategi, dan pengalaman dalam menghadapi tantangan keamanan di sektor fintech."

Para pakar dihadirkan sesuai dengan kompetensinya masing-masing, sebutlah Ricky Satria ( Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.) dan Ida Bagus Gede Setia Yasa (Direktur Operasional dan Teknologi Informasi Bank BPD Bali) mewakili pakar keamanan perbankan.

BACA JUGA: Industri Fintech Pendanaan Terus Berkembang, OJK: Per April 2023 Salurkan Rp601,41 T

Kemudian untuk pakar keamanan siber menghadirkan Onno W. Purbo (praktisi keamanan siber) dan Mada R. Perdhana (start up keamanan siber).

Selain itu untuk memberikan pandangan holistik tentang industri fintech, termasuk tren pasar, regulasi yang berlaku, dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan fintech dihadirkan Raden Kawakibi Tito yang merupakan Direktur Teknologi Informasi & Pusat Data Fintech dari Asosiasi FinTech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)).

Setiawan Hermanto (Kepala Keamanan IT di Tokopedia) juga dihadirkan untuk memberikan wawasan tentang tantangan keamanan yang unik dalam perdagangan digital, seperti perlindungan data konsumen, pencegahan penipuan transaksi, dan pengelolaan risiko dalam lingkungan digital yang serba cepat.

Tidak kalah penting Anton Setiyawan (mantan juru bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)) selaku moderator juga akan memberikan pandangan tentang kebijakan pemerintah, regulasi yang akan datang, dan inisiatif nasional dalam menghadapi ancaman siber.

"Jogja Fintech Security Conference 2024 akan menjadi forum yang kaya akan pengetahuan, memungkinkan peserta untuk memahami dan mengatasi tantangan keamanan dari berbagai perspektif, serta mengembangkan solusi yang holistik dan efektif dalam melindungi ekosistem fintech," tuturnya.

Selain ada terjadi peningkatan pemahaman mengenai perkembangan terkini dan tantangan dalam keamanan fintech, forum ini juga bertujuan untuk membangun kolaborasi dan kemitraan antar akademisi, industri, dan badan pengatur.

Literasi digital

Jogja Fintech Security Conference 2024 diadakan di Yogyakarta dengan alasan kota ini memiliki indeks literasi digital tertinggi di Indonesia. Masyarakat setempat sangat memahami dan terampil dalam menggunakan teknologi digital. Yogyakarta juga menjadi salah satu kota dengan kesiapan perkembangan industri 4.0 terbaik di Indonesia.

Industri 4.0 merupakan istilah yang dilekatkan pada revolusi industri generasi keempat yang ditandai dengan integrasi antara dunia siber dan fisik di sebuah industri berkat kolaborasi serangkaian teknologi digital, di antaranya Internet of Things (IoT), artificial intelligence (AI), human-machine interface dengan tujuan menciptakan proses produksi yang efektif dan efisien.

Forum ini terbuka untuk umum termasuk para pegiat pendidikan, vendor teknologi kemanan siber dan aplikasi keuangan, juga para pengguna kemanan siber seperti perbankan. Instansi pemerintah, perusahaan rintisan fintech, juga lembaga keuangan mikro, dan siapapun yang berminat untuk terlibat dalam acara ini juga turut diajak terlibat secara aktif dalam forum Jogja Fintech Security Conference 2024 .

Pada hari ini, pendaftaran telah dibuka dan bisa diakses di https://jfsc2024.com/. Peserta akan mendapatkan berbagai fasilitas menarik termasuk bermalam di Hotel Tentrem, makan, handbook dan sertifikat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal SIM Keliling Ditlantas Polda DIY: Hari Ini di Kantor Kelurahan Condongcatur

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement