Advertisement

Astra Motor Yogyakarta Bagikan Tips Mendirikan Kendaraan Saat Jatuh

Media Digital
Senin, 26 Agustus 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Astra Motor Yogyakarta Bagikan Tips Mendirikan Kendaraan Saat Jatuh Tips Mendirikan Kendaraan Saat Jatuh. Ist - Dok istimewa Astra Motor Yogyakarta

Advertisement

JOGJA—Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas membagikan tips mendirikan sepeda motor saat jatuh. Setidaknya ada lima tips yang perlu diperhatikan.

Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal menjelaskan tips yang pertama adalah periksa kondisi badan. Menurutnya saat pengendara terjatuh akan ada bagian tubuh yang luka atau cidera akibat benturan atau gesekan dengan benda keras seperti aspal, batu, dan lainnya.

Advertisement

Ia menyarankan pengecekan bisa dilakukan dengan menggerakkan terlebih dahulu jari-jari tangan atau kaki untuk mengidentifikasi adanya patah tulang di tangan dan kaki. Kemudian miringkan badan ke kiri dan gunakan tangan kanan sebagai tumpuan untuk bangun. Saat posisi terlentang lebih baik pindah ke posisi duduk terlebih dahulu agar peredaran darah kita lancar.

"Jangan langsung berdiri dari kondisi terlentang," ucapnya dalam keterangan resminya, Senin (26/8/2024).

Tips kedua adalah mematikan mesin. Seringnya motor yang terjatuh dalam keadaan mesin sudah off, namun lebih baik memastikan lagi dengan mengoffkan mesin melalui kunci kontak dan juga tombol engine off  jika ada. Tujuannya agar aman saat tangan kita memegang handgrip gas.

Lalu tips ketiga adalah periksa sekitar motor. Ia mengatakan pengendara perlu membersihkan debu atau pasir di sekitar motor, terutama di sekitar ban sepeda motor. "Pemeriksaan ini bertujuan agar lebih aman dan tidak slip saat mendirikan motor jatuh," jelasnya.

Ali Iqbal mengatakan tips keempat masuk ke gigi 1. Dia mengatakan saat motor terjatuh sebaiknya lakukan pengecekan porseneling dalam kondisi netral atau kondisi sudah masuk. Apabila masuk dalam kondisi netral sebaiknya masukkan porseneling ke gigi 1 menggunakan tangan dan lakukan lagi pengecekan dengan memutar roda belakang. Tujuannya agar roda belakang bisa sebagai pengunci saat motor didirikan.

Lebih lanjut dia mengatakan, tips terakhir adalah posisi badan saat menaikkan motor. Pegang kemudi stang motor dengan posisi stang lurus, masukkan lutut paha ke dalam celah antara tangki dengan aspal, kaki yang lain berfungsi sebagai tumpuan, Kemudian angkat sepeda motor menggunakan lutut paha bersamaan dengan tumpuan kaki yang lain secara bertahap. Setelah motor terangkat, standar samping diturunkan.

"Utamakan kepentingan berkendara di atas kepentingan yang lain saat di jalan raya agar terhindar dari resiko kecelakaan," kata Ali Iqbal. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement