Advertisement

Libur Sekolah Berakhir, Kunjungan ke Mal Kembali Normal

Anisatul Umah
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 08:17 WIB
Sunartono
Libur Sekolah Berakhir, Kunjungan ke Mal Kembali Normal Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY, Surya Ananta mengatakan kunjungan ke mal pada Agustus 2024 sudah kembali turun, tapi masih sedikit lebih tinggi dibandingkan hari normal. Ada libur Hari Kemerdekaan RI yang menyumbang kunjungan ke mal bulan ini.

Menurutnya kunjungan ke mal kembali normal setelah berakhirnya libur sekolah pada Juni, Juli 2024 lalu. Dia menjelaskan tren kunjungan ke mal pendorongnya adalah ibu dan anak. Sehingga libur sekolah cukup berdampak.

BACA JUGA : Ramadhan Delight 2024 di Pakuwon Mall Suguhkan Berbagai Event Menarik

Advertisement

Ditambah masa libur sekolah yang durasinya panjang, misalnya antara sekolah negeri dan swasta berbeda. Kunjungan pada Juni, Juli 2024 hampir menyamai lebaran jika dijumlah. Akan tetapi hari kunjungannya menyebar. Beda dengan lebaran yang terjadi di satu pekan yang sama.

"Agustus meningkat pesat itu pas tanggal merah 17 Agustus. Kalau menyangkut bulan jelas Juni Juli lebih tinggi dari Agustus," ungkapnya, Rabu (28/8/2024).

Lebih lanjut dia mengatakan deflasi yang terjadi beberapa kali di DIY tidak serta merta berdampak ke kunjungan mal. Sebab ada perubahan karakteristik pengunjung ke mal. Dulu orang ke mal untuk belanja kebutuhan pokok dan lainnya.

Sementara saat ini lebih ke leisure dan entertainment. Datang ke mal untuk bermain atau nonton di bioskop. Sehingga jika dibenturkan dengan daya beli tidak berdampak langsung.

"Dulu mal buat shopping kebutuhan, bisa kebutuhan pokok untuk supermarket, pakaian, dan lain-lain," jelasnya.

Surya menjelaskan apabila pengunjung mal punya keterbatasan dalam hal daya beli, mereka bisa tetap membeli barang dengan menggeser merek. Misalnya dari bujet biasanya sekian juta jadi diturunkan. Sebab harga produk yang tersedia variatif. "Ada kelas A, B, ada brand yang lain," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jogja Book Fair, Kemeriahan Lebaran Literasi

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement