Advertisement

Jelang Kinerja 5 Tahun BUMN di Bawah Kepemimpinan Erick Thohir, PLN siapkan Keandalan Listrik tanpa Kedip PEPARNAS XVII 2024

Media Digital
Sabtu, 05 Oktober 2024 - 10:47 WIB
Maya Herawati
Jelang Kinerja 5 Tahun BUMN di Bawah Kepemimpinan Erick Thohir, PLN siapkan Keandalan Listrik tanpa Kedip PEPARNAS XVII 2024 PLN menggelar Apel Siaga Kesiapan Kelistrikan PEPARNAS untuk memastikan kesiapan layanan kelistrikan yang andal tanpa kedip. - ist - PLN

Advertisement

SURAKARTA—Menjelang lima tahun kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN, PT PLN (Persero) konsisten berikan dukungan keandalan kelistrikan untuk event berskala nasional bahkan internasional. Salah satunya adalah agenda Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII yang pada tahun ini dilaksanakan di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menjadikan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 sebagai miniatur ASEAN Para Games 2025. Ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingan di Kota Solo pada 6 hingga 16 Oktober 2024.

Advertisement

PLN menggelar Apel Siaga Kesiapan Kelistrikan PEPARNAS untuk memastikan kesiapan layanan kelistrikan yang andal tanpa kedip pada event berskala nasional ini. Apel dilaksanakan di Halaman Kantor PLN UP3 Surakarta yang diikuti oleh semua unsur PLN Group di lingkup Jawa Tengah dan DIY.  

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY Mochamad Soffin Hadi yang hadir sebagai Pembina Apel mengajak seluruh Peserta Apel untuk Mendukung Penuh Event PEPARNAS tahun ini.

“Kita Pastikan PEPARNAS di Solo Raya ini berjalan aman dan lancar, PLN harus hadir memberikan dukungan keandalan listrik terbaik tanpa padam bahkan kedip,” ungkap Soffin.

BACA JUGA: Mobil Boks Tabrak Truk di Tol Boyolali, Satu Orang Meninggal Dunia

Soffin juga menyampaikan bahwa Even ini merupakan ajang pembuktian bagi saudara kita dari segala penjuru nusantara untuk menunjukan prestasi terbaiknya di kancah kompetisi nasional sebagai pijakan di kompetisi yang lebih tinggi.

"Pekan Paralimpiade Nasional ini menjadi sebuah ajang yang luar biasa bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas untuk dapat meraih prestasi dan menjadi batu pijakan untuk even yang lebih tinggi di skala internasional. Kami ucapkan selamat bertanding dan meraih kesuksesan," tambah Soffin.

Pada kesempatan apel tersebut, Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta Muhammad Khadafi melaporkan kesiapannya dalam menyambut Gelaran PEPARNAS di Solo Raya.

“Kolaborasi PLN Grup di Wilayah Solo Raya telah mempersiapkan keandalan pasokan listrik untuk PEPARNAS baik dari Kecukupan Pasokan Daya, Petugas Siaga, Peralatan Pendukung, Material Cadang, Posko Siaga dan Koordinasi dengan Panitia Pelaksana. PLN siap mendukung suksesnya Gelaran PEPARNAS di Solo Raya,” ungkap Khadafi.

PLN telah siap mendukung suksesnya PEPARNAS 2024. Dari segi kecukupan daya, tercatat Daya Mampu sebesar 1.020 MW dengan Beban Puncak Tertinggi 512 MW sehingga masih ada Cadangan Daya 508 MW ( 51 %).

Dari segi Personil Siaga, PLN akan mengerahkan sebanyak 140 orang untuk mengawal Peralatan Pendukung sebanyak 46 unit yang terdiri dari 26 UPS (Uninterruptible Power Supply), 1 UGB (Unit Gardu Bergerak) dan 19 Genset. Personil juga dilengkapi dengan Kendaraan pendukung sebanyak 64 unit yang terdiri dari 8 unit truck crane, 36 mobil dan 20 motor  serta Material Cadang Gangguan tersedia dalam jumlah cukup.

PLN juga telah memperisapkan Posko Siaga sebanyak 28 lokasi yang terdiri dari 3 Posko Kantor UP3, 1 Posko UP2D, 2 Posko Transmisi, 1 Posko PLN Icon Plus dan 21  Posko Venue.

Hal ini untuk memastikan Keandalan Pasokan Listrik ke 21 Lokasi Pekan Paralimpic Nasional ke XVII Tahun 2024 yang terdiri dari Stadion Utama Manahan Solo sebagai Venue Opening & Closing Ceremony, 17 lokasi wilayah PLN UP3 Surakarta, 2 lokasi di wilayah PLN UP3 Sukoharjo dan 1 lokasi di wilayah PLN UP3 Klaten).

Peparnas XVII Tahun 2024 akan mempertandingkan cabang olahraga Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Goalball. Lalu juga ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Voli Duduk, Para Taekwondo Tenpin Bowling, Para Tenis Meja, Anggar Kursi Roda, Tenis Kursi Roda, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda. Delegasi Atlit dari 34 Provinsi di Indonesia telah bersiap untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pameran Parama Iswari Mahasakti Keraton Yogyakarta, Angkat Sisi Lain Perempuan

Jogja
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement