Advertisement

Kenalkan APBN ke Pelajar, Kemenkeu Mengajar 9 Kembali Digelar di Yogyakarta

Media Digital
Senin, 07 Oktober 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Kenalkan APBN ke Pelajar, Kemenkeu Mengajar 9 Kembali Digelar di Yogyakarta Kepala Kanwil DJPb DIY, Agung Yulianta (tiga dari kanan), Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta, Sr. Laurentina Setyasminarti (empat dari kanan), dan Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai DJBC, Rudy Rahmaddi (lima dari kanan) dalam pembukaan KM9 Yogyakarta di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, Senin (7/10). - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Program Kemenkeu Mengajar 9 (KM9) Yogyakarta dibuka di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta, Senin (7/10/2024).

Perwakilan Kemenkeu DIY menyelenggarakan kegiatan KM9 berkolaborasi dengan sembilan sekolah untuk tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat, di an­taranya SDN Keputran 1, SDN Adisucipto 2, SDN Lempuyangan 1, SMPN 2 Bantul, MAN 1 Yogyakarta, SMP Budya Wacana, SMA Stella Duce 1, SMAN 1 Wates, dan SMAN 1 Wonosari.

Advertisement

Sekolah yang menjadi sasaran merupakan sekolah inspiratif yang terpilih berdasarkan beberapa kategori, mulai dari inovasi pembelaja­ran sekolah, prestasi sekolah, semangat di tengah keterbatasan, dan nilai tambah lainnya.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DIY, Agung Yulianta, mengatakan ini merupakan program nasional dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-78 Republik Indonesia, sekaligus bentuk bakti dan pengabdian insan Kemenkeu kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

Menurutnya, kegiatan ini memasuki tahun ke-9 sehingga disebut KM9. Program digelar serentak di 326 sekolah di 38 provinsi. KM9 juga diadakan di lima Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) di em­pat negara, serta 13 Sekolah luar Biasa (SLB). “Yang terlibat sebagai sukarelawan seluruh jajaran Kemenkeu, mulai dari Sekjen, Irjen, Dir­jen Anggaran, Dirjen Pajak, Dirjen Bea dan Cukai, Perbendaharaan, Kekayaan Negara, DJPPR, dan semua eselon satu terlibat termasuk Bea dan Cukai,” katanya di sela-sela acara.

Acara berlangsung pukul 07.00 hingga 12.00 waktu setempat di sekolah masing-masing, dengan mengangkat tema Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan. Menurutnya, SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dipilih sebagai lokasi pembukaan karena lokasinya paling strategis.

Menurut Agung, selain melibatkan seluruh eselon, sukarelawan yang terlibat berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Pendanaan program juga berasal dari swadaya sukarelawan, baik yang mengajar maupun panitia. “Anggaran bukan dari APBN, tetapi kerelaan dan kepedulian teman-teman pengajar demi memberikan literasi APBN,” katanya. Khusus di DIY ada sekitar 300 sukarelawan dan seluruh Indonesia ada 8.333 sukarelawan.

Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai DJBC, Rudy Rahmaddi, hadir memberikan inspirasi di KM9 Yogyakarta. Dia mengatakan materi yang disampaikan seragam, yakni literasi APBN, peran APBN dalam perekonomian, dan pengenalan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Selain memberikan literasi, diharapkan materi yang disampaikan juga bisa menginspirasi. Menurutnya, keingintahuan siswa berkem­bang saat sesi diskusi. Misalnya tentang peran di salah satu unit Ke­menkeu seperti Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan lainnya.

Rudy mengatakan Kemenkeu sangat terbuka bagi generasi muda yang ingin bergabung. “Kebetulan salah satu alumnus SMA Stella Duce 1 Yogya­karta ada yang magang di Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu,” katanya.

Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Yogyakarta, Sr. Lau­rentina Setyasminarti, bersyukur SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dipilih sebagai salah satu sasaran KM9. “Kami sangat mengapresiasi Kemenkeu karena bisa berbagi pengalaman bagaimana mengelola keuangan di Pusat dan daerah,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hutang Pajak Tambang Kulonprogo Baru Terbayar Rp605,8 Juta dari Total Rp7 Miliar

Kulonprogo
| Senin, 07 Oktober 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement