Advertisement

KA Brantas dan KA Dharmawangsa Diupgrade Jadi Kereta EkonomiNew Generation

Newswire
Selasa, 15 Oktober 2024 - 09:57 WIB
Sunartono
KA Brantas dan KA Dharmawangsa Diupgrade Jadi Kereta EkonomiNew Generation PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap mengoperasikan kereta ekonomiNew Generationpada KA Brantas relasi Blitar Pasar Senen pergi pulang (pp) dan KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi Pasar Senen (pp) pada 17 Oktober 2024. - Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (Persero) siap mengoperasikan kereta ekonomi New Generation pada KA Brantas relasi Blitar – Pasar Senen pergi pulang (pp) dan KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen (pp) pada 17 Oktober 2024.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan upgrade layanan kelas kereta ekonomi pada KA Brantas dan KA Dharmawangsa menggantikan kereta ekonomi jenis kursi yang sebelumnya berhadapan. "Kereta yang digunakan pada KA Brantas dan KA Dharmawangsa tersebut merupakan kereta ekonomi New Generation versi modifikasi Balai Yasa Manggarai," kata Anne, Selasa.

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal KA Bandara Reguler dan Cara Pembelian Tiketnya, Selasa 15 Oktober 2024, Cek di Sini

Kereta ekonomi New Generation memiliki kapasitas 72 tempat duduk. Ia menjelaskan, kursi pada kereta ekonomi New Generation sudah berjenis captain seat yang akan meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan KA ketika melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang.

Menurutnya, peningkatan kenyamanan itu karena kereta ekonomi New Generation memiliki fasilitas desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Anne mengatakan, peningkatan pelayanan pada KA kelas ekonomi adalah wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience.

"Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan,” kata Anne.

Interior kereta ekonomi New Generation dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah, dengan sentuhan aksen kayu pada bagian jendela yang memberikan kesan klasik dan elegan.

Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan penggunaan toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. Selain itu tersedia tempat ibadah di kereta restorasi.

Sebelumnya, KAI telah meluncurkan kereta ekonomi New Generation versi modifikasi pada KA Menoreh relasi Pasarsenen - Semarang Tawang Bank Jateng (pp), KA Jaka Tingkir relasi Purwosari – Pasar Senen (pp), KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng (pp) dan KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Ketapang (pp).

BACA JUGA : Jadwal KA Bandara Reguler dan Cara Pembelian Tiketnya, Selasa 15 Oktober 2024, Cek di Sini

Selanjutnya yang telah menggunakan rangkaian kereta ekonomi Stainless Steel New Generation diantaranya KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang (pp), KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung (pp) dan KA Logawa relasi Purwokerto - Jember (pp).

KA Progo relasi Pasar Senen -Lempuyangan (pp) akan menggunakan Kereta Stainless steel New Generation pada 15 Oktober 2024. Sedangkan untuk KA Jayabaya relasi Malang - Pasarsenen (pp) akan berganti dari versi New Generation versi modifikasi dengan kereta baru Stainless Steel New Generation pada 16 Oktober 2024.

KAI menargetkan pada 2024 untuk mengubah sebanyak 60 gerbong kereta ekonomi kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi New Generation versi modifikasi di Balai Yasa Manggarai.

Serta melakukan kerjasama pengadaan kereta baru bersama INKA sebanyak 91 gerbong kereta ekonomi New Generation. "KAI akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” kata Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Malam Ini Pagar Proyek Tol Joglo-YIA Dipasang di Tengah Ring Road, Simak Jalur Alternatifnya

Sleman
| Selasa, 15 Oktober 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement