Advertisement

Bisnis Ekraf Melonjak Berkat Asian Games

Deandra Syarizka
Jum'at, 18 Mei 2018 - 23:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bisnis Ekraf Melonjak Berkat Asian Games Logo Asian Games 2018 - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penyelenggaraan acara olahraga berskala internasional Asian Games pada Agustus mendatang diyakini bakal mendongkrak sektor ekonomi kreatif Tanah Air. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengungkapkan momentum tersebut akan menjadi berkah bagi subsektor andalan ekraf seperti kuliner, fesyen dan kriya terutama produk merchandise dan suvenir. Sekedar catatan, ketiga subsektor ini menyumbang lebih dari 70% kontribusi ekonomi kreatif terhadap produk domestik bruto pada 2017. “Ekonomi kreatif merupakan sektor yang terkena dampak multiplier effect dari Asian Games. Saya minta pelaku ekonomi kreatif untuk siap menerima konsumen yang besar, karena pelaksanaannya cuma dua minggu,” ujarnya, Selasa (15/5). 

Advertisement

Dalam perhelatan tersebut, dia menjelaskan Bekraf terlibat sejak awal terutama dalam hal estetika, seperti mengadakan sayembara logo Asian Games, pemilihan maskot, pemilihan konsultan untuk upacara pembukaan dan penutupan, hingga menyeleksi pelaku ekraf yang produknya akan ditampilkan di Kota Tua sebagai pusat penjualan cinderamata selama berlangsungnya acara akbar yang diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September tersebut. 

Lebih lanjut, dia optimistis kasus serangan bom yang terjadi di Surabaya tidak akan mengganggu pelaksanaan acara. Dia berharap aparat penegak hukum dapat mengusut tuntas kasus terror tersebut secepat mungkin sebelum pelaksanaan acara yang diikuti oleh 45 negara tersebut dimulai. 

Data Bekraf mencatatkan rata-rata pertumbuhan ekonomi kreatif sebesar 7% setiap tahunnya. Pada 2015, ekonomi kreatif menyumbang Rp852 triliun terhadap PDB. Jumlah tersebut meningkat menjadi Rp894,6 triliun pada 2016. Adapun pada tahun lalu, BPS mencatat kontribusi ekraf terhadap PDB telah mencapai Rp922,58 triliun hingga November. 

Pertumbuhan Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan Asian Games berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara hingga 170.000 orang, terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 media, dan 150.000 penonton. 

Dia menilai jumlah wisman penonton akan sangat tergantung pada negara yang berpeluang masuk final dalam sektor olahraga favorit seperti sepakbola. Dia menggambarkan, bila negara yang selama ini menjadi pasar terbesar pariwisata nasional seperti Tiongkok, Malaysia, Singapura bertanding di laga final, maka jumlah wisman dapat bertambah. 

“Jumlah penonton tergantung negara mana yang masuk final. Kalau yang masuk Tiongkok, Malaysia, Singapura, kemungkinan wisman akan besar, tetapi kalau misalnya Kazakhtan, kemungkinan wisman akan kecil. Estimasi antara 100.000 hingga 200.0000 wisman,” jelasnya. 

Dengan perkiraan jumlah wisman sebesar itu, dia menyebut Asian Games berpotensi mendatangkan devisa hingga Rp3 triliun. Sementara devisa dari official, atlet dan media diproyeksikan berjumlah US$230 juta atau kurang lebih Rp3 triliun. 

Kemenpar menyiapkan 75 paket wisata yang menawarkan tujuh destinasi utama yaitu yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, DIY, Banyuwangi dan Bali. Selain itu, Kemenpar juga menyertakan logo Asian Games 2018 pada seluruh promosi yang dilakukan sejak 100 hari jelang perhelatan olahraga internasional itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement