Advertisement

Bulog DIY Minta Tambahan Daging Sapi 4 Ton

Rheisnayu Cyntara
Selasa, 22 Mei 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bulog DIY Minta Tambahan Daging Sapi 4 Ton Ilustrasi daging - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bulog Divisi Regional (Divre) DIY meminta tambahan stok daging sapi beku sebanyak empat ton ke Pusat. Pasalnya pada awal Ramadan ini, stok daging sapi beku menipis hingga 200 kilogram saja. 

Kepala Bulog Divre DIY Ahmad Kholisun mengatakan mulanya sebelum Ramadan, stok daging sapi beku mencapai 750 kilogram. Namun dengan meningkatnya permintaan saat bulan puasa, stok menipis hingga tinggal 200 kilogram saja. Oleh sebab itu, pihaknya telah meminta tambahan stok ke Pusat sebanyak empat ton. "Jumlah itu tidak hanya untuk wilayah DIY saja, tetapi juga Boyolali dan wilayah lain yang berada dalam lingkup Divre DIY," katanya, Senin (21/5). 

Advertisement

Sementara itu, stok komoditas pokok lainnya masih cukup banyak. Kholisun menuturkan untuk beras masih ada 9.300 ton, gula pasir 4.000 ton, minyak goreng 141.000 liter, dan tepung terigu 26 ton. Menurutnya stok tersebut masih akan cukup digunakan hingga beberapa bulan ke depan untuk mengantisipasi lonjakan harga hingga Lebaran mendatang. Jika stok tersebut masih kurang dan harga melambung tinggi, Bulog berjanji akan mengintervensi dengan cara Gerakan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP). GSHP dilakukan dengan menggandeng para distributor, Rumah Pangan Kita (RPK), dan juga pedagang pasar. 

Tak hanya itu saja, khusus untuk komoditas beras, Kholisun menyebut ada program khusus yakni Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OPCBP). Bulog akan mendistribusikan beras medium dengan harga Rp8950 per kilogram (kg) atau di bawah harga eceran tertinggi (HET) ke pasaran. Pasalnya komoditas beras rawan mengalami kenaikan hingga Lebaran, padahal komoditas tersebut paling dibutuhkan oleh masyarakat. "Kalau memang stok kita masih kurang, akan kami ambil dari daerah lain," imbuhnya. 

Kholisun menambahkan upaya Bulog untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tak hanya itu. Pihaknya juga mengadakan pasar murah bagi masyarakat sekitar. Paket sembako berisi beras premium lima kg, minyak satu liter, gula pasir satu kg, tepung terigu satu kg seharga Rp100.000 dijual dengan harga Rp65.000. Menurutnya pasar murah tersebut diadakan bersamaan dengan ulang tahun Bulog ke-51. 

Sementara itu, Ketua TPID DIY Probo Sukesi mengatakan hingga April, inflasi Jogja masih terkendali. Yakni mencapai 3,11% atau lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,41% dalam hitungan year on year (y o y). Capaian itu, menurut Probo merupakan hasil dari sinergi berbagai pihak yang berusaha sebaik mungkin mengendalikan harga komoditas pokok di pasaran. Sebab melejitnya harga komoditas pokok selaly terjadi pada bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement