Pastikan Persediaan Barang Pokok, Presiden Undang Menteri

Pastikan Persediaan Barang Pokok, Presiden Undang MenteriIlustrasi beras Bulog. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
08 Juni 2018 23:30 WIB Amanda Kusumawardhani Ekbis Share :
Ad Tokopedia

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo kembali mengundang beberapa menteri terkait persiapan menghadapi libur panjang lebaran, khususnya mengenai persediaan bahan pokok beras. 

Sejumlah menteri antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso terlihat memenuhi panggilan tersebut. 

“Besok udah libur kan. Artinya beliau [Presiden] mengecek persiapan kita. Jangan sampai Bulog dalam menjaga stabilisasi harga jadi terabaikan karena kita libur. Saya sudah sampaikan, kita digilir, tidak libur,” kata Dirut Bulog Budi Waseso di Istana Negara, Jumat (8/6/2018). 

Intinya, dalam rapat tersebut, dia memastikan kegiatan Bulog dalam melakukan stabilisasi harga bahan pokok tetap berjalan sehingga diharapkan tidak ada gejolak kenaikan harga yang berlebihan di pasar. 

Hingga saat ini, Buwas menyebut stok beras Bulog sudah mencapai 1,5 juta ton dengan jumlah kontrak penyerapan sebanyak 900.000 ton. Tiap harinya, rata-rata beras yang diserap oleh Bulog sekitar 11.000 ton-17.000 ton. 

Selain memastikan penyerapan beras masih berjalan, Buwas juga menambahkan inovasi Bulog terkait beras sachet sudah mulai dijual di warung-warung dengan kemampuan bervariasi di tiap divisi regionalnya (divre).“Sudah, sebagian sudah [dijual]. Sebagian kesiapan dari sub-divre, sudah dibuat,” tekannya. 

Bulog sendiri menargerkan distribusi beras sachet pada tahap awal dapat tersalurkan di empat divre perusahaan tersebut hingga Juni–Agustus 2018. Buwas menyebut inovasi membuat beras kemasan ini untuk memudahkan pekerja dengan upah harian mendapat beras ekonomis sesuai pendapatan harian. 

Saat ini, beras kemasan yang diproduksi merupakan beras premium seharga Rp2.500/kg untuk ukuran 200 gram. 

Sumber : Bisnis Indonesia

Ad Tokopedia