Advertisement

JELANG PUASA : Pasar Buah Ikut Kebanjiran Order

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 24 Mei 2017 - 13:48 WIB
Galih Eko Kurniawan
JELANG PUASA : Pasar Buah Ikut Kebanjiran Order Ilustrasi buah dan sayur (Kaskus.co.id)

Advertisement

Masyarakat akan disuguhi dengan beragam buah yang tersaji di rumah toko paling depan

Harianjogja.com, SLEMAN—Saat berkunjung ke Pasar Stan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, masyarakat akan disuguhi dengan beragam buah yang tersaji di rumah toko (ruko) paling depan.

Advertisement

Ada sekitar lima pedagang yang menjajakan buah dengan varian yang komplit. Buah-buahan yang dijual di antaranya mangga, buah naga, jeruk, apel, semangka, melon, anggur, nanas, pisang, sampai buah khas Sleman, salak pondoh.

Saat momentum menjelang Ramadan seperti sekarang, harga buah ikut terkerek naik. Yusuf, salah satu pengelola toko Ulwan Buah, mengatakan kenaikan terjadi sudah sejak pekan lalu. Setiap jenis buah kenaikannya minimal Rp3.000 per kg.

Jambu merah yang biasanya dijual Rp6.000 sekarang menjadi Rp9.000, jeruk Jember biasanya Rp13.000 jadi Rp16.000, mangga Indramayu naik dari Rp15.000 menjadi Rp20.000. Begitu juga dengan mangga harumanis yang saat ini dijual Rp25.000 dari sebelumnya hanya Rp20.000 per kg. “Pokoknya kalau mau puasa pasti naik,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (23/5/2017).

Menurut Yusuf, kenaikan harga buah itu disebabkan tingginya permintaan karena saat puasa banyak bermunculan pedagang es buah dadakan yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Permintaan dari kalangan rumah tangga juga tinggi karena kegiatan membuat menu buka puasa dari bahan buah-buahan meningkat.

Dalam sehari, omset yang diterima sekitar Rp3 juta-Rp3,5 juta. Saat puasa nanti, ia memprediksi akan terjadi kenaikan. Jika ada buah yang tidak laku, ada pengepul yang siap membeli buah untuk diolah menjadi selai buah atau bahan pembuat perasa makanan.

Salah satu mahasiswa yang menjadi konsumen langganan di kios buah tersebut, Agnes, mengaku puas saat berbelanja di situ karena buah yang ditawarkan sangat komplit. “Biasanya kalau untuk nengok temen sakit atau cemilan di rumah belinya di Stan. Kalau harga variatif sih ya yang penting banyak pilihan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement