PR JCM: Belajar Berbagai Karakter Orang & Ilmu Komunikasi Langsung

PR JCM: Belajar Berbagai Karakter Orang & Ilmu Komunikasi LangsungPublic Relations Officer di Jogja City Mall Mimi Jamilati - Harian Jogja/Holy Kartika N.S.
18 Desember 2018 08:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tak mengenyam pendidikan Ilmu Komunikasi, terutama bidang kehumasan, Mimi Jamilati tertantang untuk terjun berkarier sebagai Public Relations Officer di Jogja City Mall. Mimi, demikian perempuan asal Banyuwangi ini disapa merasa beruntung bisa bekerja di karir yang diimpikannya sejak lama.

"Saya tidak bisa mendapat kesempatan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, padahal saya sejak dulu memang ingin bekerja sebagai PR dan itu terwujud selepas lulus kuliah," ujar Mimi kepada Harian Jogja, Senin (17/12).

Kendati pendidikan yang ditempuhnya jurusan Sastra Inggris, Mimi tetap mendalami dasar ilmu kehumasan melalui berbagai literatur. Bahkan, dia mengaku tak segan untuk mencari ilmu melalui diskusi dengan senior maupun rekan kerja yang berpengalaman.

Mimi menyebutkan pendidikan di jurusan Sastra Inggris UGM cukup membekalinya dalam pekerjaan tulis menulis. Terutama dalam menulis press release. Kendati demikian, bagi seorang public relations, kreativitas sangat diperlukan juga dalam bidang pekerjaan tersebut.

"Kebetulan juga dipercaya mengelola sosial media, jadi saya juga dituntut untuk bisa menulis caption atau konten-konten yang kreatif," jelas perempuan kelahiran 24 Februari 1995 ini.

Pelajaran pertama saat memulai sebagai public relations, diakui Mimi, berbagai tantangan yang dihadapi tidaklah mudah. Pembelajaran utama saat terjun pada bidang kehumasan, adalah mengenal karakter orang, sehingga bisa memahami cara komunikasi yang tepat saat menghadapi klien, konsumen maupun media.

"Hal pertama yang saya pelajari saat mulai bekerja yaitu memahami karakter orang. Karena saya juga tidak memiliki bekal ilmu komunikasi waktu kuliah, jadi saya belajar itu secara langsung saat bekerja," imbuh Mimi.