Advertisement

Asita Sambut Gembira Penurunan Tiket Garuda Group

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 15 Februari 2019 - 08:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Asita Sambut Gembira Penurunan Tiket Garuda Group Pesawat Garuda Indonesia mempersiapkan keberangkatan di apron Termial 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten Selasa (13/2/2018). (Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyambut baik kebijakan Garuda Group yang melakukan penurunan harga tiket sebesar 20%. Diharapkan hal ini membawa angin segar bagi dunia pariwisata.

Ketua Asita DIY Udhi Sudiyanto berharap kebijakan itu akan dilakukan berkelanjutan sehingga akan menjadi angin segar untuk dunia wisata dan yang lainnya. "Akan tetapi juga kita harus melihat apakah penurunan tersebut cukup signifikan pengaruhnya atau tidak, apakah harga tersebut sudah kembali ke hrg normal dahulu atau tidak. Akan kami lihat juga ke depan bagaimana reaksi pasar pariwisata," ujar dia ketika dihubungi Harian Jogja, Kamis (14/2).

Advertisement

Ia menyebutkan hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah kebijakan bagasi berbayar yang dilakukan oleh beberapa maskapai. "Apakah masih diberlakukan? Saya sangat berharap dalam pengambilan kebijakan pertimbangkanlah dari beberapa elemen. Jadi tidak membuat bingung suasana," kata dia.

Ia menyebutkan perlu disadari pemberlakuan tarif bagasi atau bagasi berbayar di samping memengaruhi sektor pariwisata, juga pusat belanja, sovenir dan oleh-oleh. Pasalnya wisatawan tidak mau kena extra charge bagasi. Jadi semua merasa dirugikan.

"Kalau ini tetep berlangsung, saya khawatir terhadap keberlangsungan pariwisata dan UMKM," jelas dia.

Seluruh Indonesia

Garuda Indonesia Group mengumumkan penurunan harga tiket di seluruh rute penerbangan sebesar 20% mulai Kamis (14/2). Garuda Indonesia Group memiliki layanan full service Garuda Indonesia dan low cost carrier (LCC) Citilink Indonesia serta Sriwijaya Air-NAM Air Group.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta Flora Izza enggan berkomentar banyak. Namun, ia menyebutkan jika kebijakan ini juga berlaku di DIY. "Ya, karena ini kebijakan Pusat, jadi ya di sini mengikuti," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement