Ini Dia, 5 Trik agar Dagangan Online Laris Manis

Ini Dia, 5 Trik agar Dagangan Online Laris ManisIlustrasi belanja online - Bisnis.com
27 Februari 2019 12:37 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Persaingan usaha melalui bisnis online kian ketat. Lantas, bagaimana cara agar dagangan laris?

Dilansir dari laman Who What Wear, direktur fashion di eBay, Renee Paradise, mengatakan, "Semakin baik reputasi Anda sebagai penjual, pembeli cenderung akan repeat order."

Intinya, sediakan waktu untuk menjawab pertanyaan pembeli dan mengirimkan barang yang mereka beli secepat mungkin untuk menghasilkan umpan balik positif dan meningkatkan reputasi Anda sebagai penjual. Kedengarannya cukup mudah, ya? Untuk lebih jelasnya, berikut lima tips yang dibagikan Renee bagi Anda para (calon) pengusaha online shop.

1. Wajib tahu tentang barang yang Anda jual
Apapun jenis barang yang Anda jual, pastikan Anda tahu semua detilnya. "Lakukan riset kalau pengetahuan Anda masih kurang," saran Renee.

Jadi, kalau Anda jualan pakaian, selain harus hapal spesifikasi setiap pakaian yang Anda jual (size, bahan, warna, dll), pastikan Anda juga tahu gaya apa yang saat ini populer, serta model seperti apa yang sudah tidak musim.

2. Harus proaktif terhadap keluhan pembeli
"Semakin baik reputasi Anda sebagai penjual, pembeli cenderung akan berbelanja lagi, bahkan menjadi pelanggan," kata Renee. Jadi, bersiaplah untuk menjawab apapun pertanyaan pembeli dan merespons setiap keluhan dengan cara yang positif.

3. Beri judul menarik pada nama barang yang dijual
Membuat judul yang menarik pada nama barang yang ingin Anda jual akan memengaruhi bagaimana barang Anda akan muncul di hasil pencarian. Sertakan kata kunci penting, seperti nama merek, ukuran, warna, atau deskripsi lain yang diperlukan, yang mungkin dicari oleh pembeli untuk meningkatkan peluang pembeli menemukan barang Anda.

4. Buat foto yang bagus
Pastikan barang yang Anda jual difoto dengan baik dengan latar belakang putih atau netral, dan disertai dengan deskripsi yang sederhana dan akurat termasuk model, warna, ukuran, dan kondisi. Jika perlu, sertakan beberapa foto barang dari sudut yang berbeda. Ingat, pembeli tidak dapat menyentuh barang yang Anda jual, sehingga mereka bergantung pada foto-foto untuk membantu mengambil keputusan.

Jika Anda menjual barang prelove atau barang bekas, sertakan juga foto-foto yang menunjukkan defect atau kekurangan pada barang tersebut.

5. Beri harga yang realistis
Lihat barang-barang serupa lainnya yang dijual di lapak sebelah, kemudian tetapkan harga yang realistis untuk barang yang Anda jual. Jangan sampai harga yang Anda tetapkan memiliki gap terlalu besar dengan online shop lainnya.

Sumber : suara.com