Advertisement

Facebook Gugat 4 Perusahaan Asal Tiongkok

Newswire
Senin, 04 Maret 2019 - 12:10 WIB
Laila Rochmatin
Facebook Gugat 4 Perusahaan Asal Tiongkok Ilustrasi aplikasi Facebook - The Guardian

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Facebook Inc bersama dengan Instagram, menggugat empat perusahaan dan tiga orang asal Tiongkok atas tuduhan menjual akun palsu, jumlah likes, dan pengikut untuk tujuan kejahatan.

Menurut isi gugatan seperti dilansir Bloomberg, Sabtu (2/3/2019), perusahaan-perusahaan asal Tiongkok tersebut dikatakan telah mengiklankan serta membuat akun palsu sejak dua tahun terakhir dan memasarkan akun-akun tersebut di enam situs dalam jumlah besar.

Advertisement

Akun palsu dan tidak otentik tersebut dibuat dengan tujuan menyebar informasi yang tidak benar, penjualan fiktif, penipuan berkedok iklan, serta beberapa skema penipuan lainnya.

Dalam gugatan dikatakan akun-akun palsu tersebut juga dibuat di platform terkenal seperti Amazon, Apple, Google, LinkedIn, dan Twitter.

Facebook sebelumnya tengah diawasi secara intensif terkait dengan penggunaan data pribadi dan dampak negatif dari akun berbahaya terhadap 2,7 miliar penggunanya.

Namun demikian, gugatan yang diajukan pada Jumat (1/3/2019) tersebut disebut sebagai serangan balik yang dilakukan Facebook terhadap eksploitasi komersial.
Empat perusahaan asal Tiongkok yang digugat oleh Facebook adalah 9 Xiu Shenzhen, 9 Xiu Feishu, 9 Xiufei, dan Home Network.

Perusahaan yang berbasis di Longyan dan Shenzhen tersebut juga berafiliasi dengan beberapa perusahaan manufaktur elektronik, perangkat keras, penyedia layanan software, dan penyedia layanan iklan berbasis daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tunggu Pemberangkatan, Begini Persiapan Ibadah Haji asal Sleman

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement