Kapan Stasiun Kedundang Mulai Dibangun?

Kapan Stasiun Kedundang Mulai Dibangun?Kondisi Stasiun Kedundang, Temon. JIBI/Dokumen
15 Juni 2019 07:57 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 masih menunggu keputusan Pusat untuk menindaklanjuti pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Kedundang ke YIA.

“Pembangunan KA Bandara Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian. Intinya kami menyambut baik. Ya secepatnya nanti mulai pengerjaan fisik setelah selesai perizinan,” ucap Kepala Humas PT KAI Daop 6 Eko Budiyanto.

Meski begitu Eko belum dapat mengungkapkan tanggal pasti target pembangunan tersebut. Ia mengatakan dengan selesainya jalur Stasiun Kedundang nantinya, akan semakin mempermudah akses penumpang di YIA.

“Kedundang sama dengan Wojo sudah dibongkar dulu, hanya stasiun mati belum lama, kalau nanti bisa untuk menjadi stasiun bandara sangat bagus. Wojo hidup Kedundang hidup, Wates tambah bagus,” ucapnya.

Ia mengatakan meski saat ini okupansi KA Bandara baru mencapai 40%, tetapi ia optimistis setelah operasi ful YIA dan infrastruktur penunjang seperti jalur Stasiun Kedundang akan semakin banyak penumpang.

“Jalur selesai betul-betul YIA terakses berbagai moda bis maupun kereta api. Menyambut baik, masyarakat bisa melihat hal yang positif perkembangan DIY. Saat ini penumpamg KA Bandara juga semakin banyak, dan penumpang yang benar-benar mau atau dari bandara, tidak hanya mencoba,” katanya.

Salah satu penumpang yang ada di Stasiun Tugu yang akan menuju Stasiun Wojo untuk ke Bandara YIA, Bondan Adi Nugroho memilih moda transportasi KA Bandara ini karena lebih cepat dan mudah, meski masih perlu ditunjang transportasi lain untuk menuju YIA.

“Lebih mudah cepat dengan KA Bandara ini pastinya. Harapannya semakin mudah fasilitas-fasilitas semakin mendukung, untuk menuju bandara,” katanya.