Advertisement

Pelaku Usaha Sambut Baik Pengurangan Biaya Transfer

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 27 Juni 2019 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pelaku Usaha Sambut Baik Pengurangan Biaya Transfer Ilustrasi replika uang di Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (4 - 4).Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelaku usaha sambut baik rencana Bank Indonesia mengubah biaya yang dibebankan pada nasabah dari transaksi transfer dana melalui kliring.

Person In Charge toko busana muslim dan hijab Mezora, di Jalan C Simanjuntak Nomor 34 B, Terban Jogja, Chikal Mahatmoko menyambut baik kebijakan tersebut, dan diharapkan dapat meningkatkan gairah pembeli untuk bertansaksi. “Banyak positif ya sepertinya untuk belanja online dipermudah diuntungkan ada potongan biaya admin itu ya,” ucap Chikal, Rabu (26/6).

Advertisement

Chikal mengatakan di tempatnya bekerja, transaksi secara online cukup banyak dilakukan. Dalam sebulan setidaknya ada 50 orang yang melakukan transaksi secara daring. “Harapannya [ke depan] penjualan meningkat, karena ada yang mengeluh beda bank, administrasi menjadi mahal. Dengan ada ini harapannya [konsumen] lebih mau [bertransaksi secara daring] walau beda bank. Untuk informasi [kebijakan] ini ya harapannya dapat menyeluruh diinformasikan ke masyarakat luas,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh founder Guru batik, Dheni Nugroho. Dia merespons baik kebijakan ini. Menurutnya, biaya administrasi beda bank memang tidak besar. Namun jika dikalikan jumlah total transaksi, tentu potongan tersebut akan terasa banyak. “Tentu kami sambut baik. Kalau kendala berjualan online juga kadang biaya transfer. Harapannya ya semakin banyak penjualannya, mood belanja online marak. Bukan kendala lagi,” ujarnya.

Dheni mengatakan saat ini penjualan cenderung masih banyak transaksi dari mitra ke mitra, diharapkan dengan berbagai kemudahan ini dapat semakin memperluas jaringan.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Infrastruktur Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Ery Setiawan mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan industri perbankan dan menyepakati penurunan biaya transfer dana yang sebelumnya di atas Rp6.000 menjadi maksimal Rp3.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement