Advertisement

Sabar … Harga Cabai Segera Turun

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 21 Agustus 2019 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sabar … Harga Cabai Segera Turun Tumpukan cabai di salah satu kios milik pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Rabu (13/2/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masuki masa produksi cabai, harga yang melambung tinggi dalam dua bulan terakhir, dinilai akan berangsur turun. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Sasongko mengungkapkan dalam waktu dekat diprediksi DIY masuk masa produksi cabai. Menurut dia, sebenarnya kebutuhan cabai di DIY cukup. Namun karena dengan sistem lelang penjualan, barang akhirnya terjual ke luar DIY dengan harga yang lebih tinggi. Akibatnya harga di DIY ikut naik.

Advertisement

“Keluar ke Jakarta, Semarang, dan luar Jawa. Saat ini mulai meningkat [panen]. Biasanya nanti kalau barang banyak, harga akan turun. Naik ini kan menguntungkan petani juga, kadang mereka kan untungnya sedikit,” kata Sasongko, Selasa (20/8).

Sasongko mengungkapkan kebutuhan cabai di DIY cenderung stabil. Hanya, produksi atau penyediaan terkadang memang menurun.

Kepala Bidang Holtikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Suparjiyem menambahkan untuk produksi selama Januari-Agustus ini cabai besar mencapai 10.900 ton, dan cabai rawit 3.300 ton.

“Diprediksi hingga akhir tahun nanti panen mencapai 21.000 ton cabai besar dan 5.500-6.000 ton cabai rawit. Kemungkinan lebih malahan. Kebutuhan dalam setahun sendiri diprediksi untuk cabai besar 7.000-8.000 ton, sementara cabai rawit 6.000 ton,” katanya.

Luas lahan untuk cabai besar di kisaran 3.500-5.000 hektare dan cabai rawit 1.000-1.500 hektare. Dia menuturkan tahun ini tidak banyak terjadi gagal panen . Pada musim kemarau seperti saat ini, memang lebih jarang tanaman cabai terkena virus. Meski harus mengeluarkan air lebih.

Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto mengatakan meski harga cabai saat ini masih tinggi, tetapi sedikit ada penurunan. “Kurang lebih dua bulan ini tinggi, saat ini di pasar lelang Kulonprogo harga fluktuatif cenderung menurun,” ucapnya.

Cabai merah keriting Rp57.000/ kilogram (kg), cabai merah besar Rp58.600/kg. Sementara cabai rawit hijau Rp47.600/kg, dan cabai rawit merah Rp70.300/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement