Merapi Erupsi, Penerbangan ke Jogja Tetap Normal

Merapi Erupsi, Penerbangan ke Jogja Tetap NormalSuasana terminal keberangkatan dan kedatangan di Yogyakarta International Airport, Kecamatan Temon, Jumat (7/6/2019).-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
13 Februari 2020 14:27 WIB Newswire Ekbis Share :


Harianjogja.com, JAKARTA- Seusai terjadinya letusan Gunung Merapi pada Kamis (13/2/2020) pagi, Kementerian Perhubungan memastikan penerbangan di Yogyakarta masih normal. Maskapai masih mengoperasikan penerbangannya dari dan menuju Jogja.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto menerangkan, saat ini belum ada keterlambatan hingga pengalihan rute penerbangan.

"Masih normal, tetapi kita aware dan monitor ketat sebaran abu vulkaniknya," ujar Novie kepada wartawan, di Jakarta Kamis (13/2/2020).

Pihak Kementerian Perhubungan juga masih terus mengumpulkan data-data terkait sebaran abu vulkanik.

"Kami kumpulkan data dari BMKG untuk area vulkanik, dari vulkanik ash centre. Kami juga kumpulkan data dari pilot report kalau dia lewat situ ada abu di daerah mana saja," kata Novie.

Menurut Novie, hingga saat ini belum ada sebaran abu vulkanik yang terpantau memasuki area bandara.

"Kemudian lakukan tes di bandara menggunakan paper test untuk melihat apakah ada abu yang masuk ke bandara. Dari empat data tersebut, secara kenyataan sampai saat ini masih belum terdampak terhadap safety," tutur Novie.

Sumber : Suara.com