Advertisement

UMKM Didorong Manfaatkan Media Promosi Digital

Kusnul Isti Qomah
Minggu, 23 Februari 2020 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
UMKM Didorong Manfaatkan Media Promosi Digital Ilustrasi medsos

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di DIY bisa memanfaatkan promosi dan pemasaran melalui media promosi digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Pelaku UMKM di DIY pun diberikan bekal pelatihan, pembinaan, pendampingan dan coaching melek digital marketing atau pemasaran dengan transaksi nontunai. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan ia terus menggaungkan transaksi nontunai bagi UMKM. Hak ini menjadi salah satu aspek peningkatan kapasitas dari sisi keuangan.

Advertisement

"Pelaku UMKM akan dilatih tertib manajemen dan adminstrasi sehingga tidak hanya berjualan semata tetapi mencatatkan transaksinya," kata dia, Minggu (23/2).

Ia menjelaskan pelaku UMKM di DIY diberikan pembelajaran di antaranya jumlah produksi, penjualan dan transaksinya yang tercatat melalui digitalisasi. "Jadi masih ada UMKM yang asal membuat produk dan asal jual selama ini, tetapi dengan seperti ini akan tercatat," kata Siwi.

Siwi menyampaikan parameter keberhasilan UMKM yang dilihat salah satunya kenaikan omzet dan naiknya.  Dari ratusan ribu pelaku UMKM di DIY, baru 40% pelaku UMKM yang melek digital. "Hanya pelaku UMKM di DIY yang melek digital tersebut belum semuanya memanfaatkan untuk bisnis atau usahanya. Tidak hanya kami saja tetapi dari perbankan, dinas, lembaga, komunitas, asosiasi, market, dan lainnya juga banyak memberikan pendampingan bagi UMKM agar melek digital," ujar dia

Menurut Siwi, dengan adanya transaksi nontunai, otomatis secara tidak langsung merupakan wujud pembinaan kepada pelaku UMKM yang ikut serta. Pelaku UMKM mau tidak mau harus memanfaatkan digital marketing karena keinginan pasar mengarah kesana.

"Pemasaran online dan offline tetap harus dikembangkan pelaku UMKM di DIY. Sebab pemasaran online sudah menjadi tuntutan era Revolusi Industri 4.0, sedangkan penjualan offline juga tetap diperlukan supaya berlatih melihat kemauan pasar dan belajar etika bisnis dan tetap difasilitasi dengan pameran," kata dia.

Siwi menyampaikan guna meningkatkan kapasitas UMKM, berbagai cara yang telah dan terus dilakukan untuk peningkatan kualitas dan kontinuitas UMKM tersebut. Upaya itu di antara dengan pembinaan, bimbingan teknis (bimtek), perubahan midset atau pola pikir dan menjawab permasalah-permasalan yang dihadapi pelaku UMKM.

"Kita dibantu berbagai pihak tentunya tetap memberikan fasilitas terhadap channeling pemasaran dan pembiayaan yang selama ini menjadi permasalah klasik yang kerap dihadapi pelaku UMKM," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement