Selama Pandemi Corona, Permintaan BBM dan LPG Turun

Selama Pandemi Corona, Permintaan BBM dan LPG TurunIlustrasi. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
08 April 2020 07:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pertamina mencatat permintaan masyarakat akan bahan bakar minyak dan LPG di DIY mengalami penurunan di tengah pandemi Covid-19.

Senior Supervisor Communication & Relations MOR IV PT Pertamina (Persero) Arya Yusa Dwicandra menyebutkan penyaluran BBM dan LPG di DIY hingga 31 Maret 2020 cenderung turun. Ia menjelaskan konsumsi BBM jenis gasoline yang terdiri dari Premium, Pertalite dan Pertamax secara keseluruhan jika dibandingkan dengan Februari 2020 permintaan turun sebesar 15% atau dari 1.780 kiloliter (Kl) per hari menjadi 1.540 Kl per hari. "Sama halnya dengan BBM jenis gasoil yakni Solar dan Dex Series juga turun sebanyak 13 persen dari 380 KL menjadi 335 KL per hari," kata dia, Selasa (7/4).

Sementara, untuk LPG ada penurunan tetapi masih dalam batas normal, karena penurunannya tidak signifikan. Rata-rata konsumsi LPG di DIY untuk Februari di angka 447 MT (metric ton), sedangkan Maret di angka 445 MT. "Sehingga dikatakan untuk LPG relatif stabil," ungkap dia.

Sementara itu, ia mengaku untuk stok BBM dan LPG di wilayah MOR IV masih aman. Adapun rata-rata coverage day (ketahanan) untuk BBM selama sembilan hingga 12 hari dan LPG empat hingga enam hari. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tidak panik.