DIY Identifikasi 20.981 Debitur Terdampak Corona

DIY Identifikasi 20.981 Debitur Terdampak CoronaKepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Parjiman/ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
17 April 2020 10:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Perbankan di DIY mulai mengidentifikasi debitur  yang terdampak Covid-19. Data yang masuk ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY per Kamis (16/4), sudah ada 20.981 debitur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak.

Kepala OJK DIY Parjiman menyebutkan identifikasi ini terkait pelaksanaan POJK No.11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional Sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019. Identifikasi dilakukan terus-menurus seiring dengan perkembangan Covid-19. Jumlah debitur yang terdampak pun bisa terus bertambah. "Jadi, untuk perbankan di DIY berdasarkan identifikasi ada sekitar 20.981 debitur UMKM dengan fasilitas Rp2.580,07 miliad yang terdampak Covid-19," kata dia, Kamis (16/4).

Parjiman menyebutkan dari jumlah tersebut telah dilakukan restrukturisasi sebanyak 269 debitur dengan jumlah fasilitas Rp76,03 miliar. Sementara, beberapa debitur lain sedang proses mengajukan dan proses analisa oleh bank. "Yang direstrukturisasi bertambah terus. Ini rekan-rekan perbankan dan perusahaan pembiayaan masih proses terus. Debitur yang terdampak itu hasil identifikasi rekan perbankan kemungkinan bisa tambah tergantung situasi dan lamanya penyebaran Covid-19 ini," kata dia.

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Setda DIY Ni Made Dwipanti mengungkapkan langkah relaksasi di lembaga keuangan diharapkan mampu menjadi solusi bagi debitur yang benar-benar terdampak. "Tetapi, harus jeli juga penerapannya agar tidak dimanfaatkan oleh oknum yang aji mumpung. Kalau memang tidak terdampak ya jangan ikut-ikutan. Biar programnya tepat sasaran," kata dia.