Advertisement

KAI Daop 6 Sesuaikan Jadwal Perjalanan

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 20 April 2020 - 07:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
KAI Daop 6 Sesuaikan Jadwal Perjalanan Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia Daop 6 menyesuaikan perjalanan kereta api (KA) berupa pengurangan atau pemberhentian sementara beberapa perjalanan KA mulai Senin (20/4) dan Selasa (21/4) hingga Kamis (30/4).

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan terdapat pengurangan sementara beberapa perjalanan KA lokal Prambanan Ekspres (Prameks) serta penghentian atau pembatalan sementara perjalanan KA antarkota Joglosemarkerto dan KA Sancaka mulai Senin maupun Selasa (20-21/4).

Advertisement

“Adanya anjuran physical distancing, pembatasan perjalanan dan imbauan untuk #dirumahsaja dari pemerintah serta minimnya jumlah penumpang atau okupansi penumpang yang sangat rendah pada beberapa KA tersebut maka PT KAI Daop 6 menyesuaikan perjalanan KA dengan pengurangan maupun pembatalan beberapa perjalanan KA yang terdapat di Wilayah Daop 6. Di samping itu kami juga mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar [PSBB] yang mulai diterapkan diberbagai daerah untuk mencegah penyebaran virus Corona,” kata Eko, Sabtu (18/4).

Untuk KA Lokal diwilayah Daop 6 mulai Senin (20/4) terdapat 13 perjalanan KA Prameks yang dibatalkan yaitu tiga KA relasi Solo Balapan-Jogja; tiga KA relasi Solo Balapan-Kutoarjo; dua KA relasi Jogja-Solo Balapan; empat KA relasi Kutoarjo-Solo Balapan dan satu KA relasi Jogja-Kutoarjo.

Untuk KA Antar Kota diwilayah Daop 6 mulai Senin (20/4) pada empat perjalanan KA Joglosemarkerto juga dibatalkan yaitu satu KA relasi Purwokerto-Solo Balapan; satu KA relasi Solo Balapan-Semarang Tawang; satu KA relasi Solo Balapan-Jogja dan satu KA relasi Jogja-Solo Balapan.

Selain itu mulai Selasa (21/4) untuk KA antarkota Sancaka terdapat dua perjalanan KA yang dibatalkan yaitu satu KA relasi Jogja-Surabaya Gubeng dan datu KA relasi Surabaya Gubeng-Jogja. “Pembatalan perjalanan ini diberlakukan sementara hingga tanggal 30 April 2020 atau dapat menyesuaikan kembali sesuai situasi maupun kondisi di lapangan,” ucapnya.

Eko juga mengimbau kepada para pengguna KA lokal Prameks yang memang memiliki kepentingan mendesak untuk bepergian agar dapat menyesuaikan dengan jadwal yang ada. Pihaknya berharap dengan delapan perjalanan KA lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini dapat mengakomodasi perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. KA Prameks yang masih beroperasi antara lain empat perjalanan relasi Jogja-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Jogja pukul 05.15 WIB; 08.20 WIB; 12.05 WIB; 15.55 WIB, serta empat perjalanan relasi Solo Balapan-Jogja dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.35 WIB; 09.50 WIB; 14.20 WIB dan 18.12 WIB.

Sedangkan untuk KA jarak jauh yang masih operasional melintasi diwilayah Daop 6 adalah KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Jogja-Solo Balapan-Surabaya Gubeng-Ketapang (PP); KA Bima relasi Surabaya Gubeng-Jogja-Solo Balapan-Gambir (PP); KA Ranggajati relasi Cirebon-Jogja-Solo Balapan-Surabaya Gubeng-Jember (PP); KA Kahuripan relasi Blitar-Purwosari-Lempuyangan-Kiaracondong (PP).  

Tiket Terbatas

Eko menegaskan kembali tiket KA yang beroperasi tetap dijual hanya 50% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia dan para penumpang wajib menggunakan masker saat di stasiun maupun saat perjalanan menggunakan kereta. Selain itu penumpang juga akan diperiksa suhu tubuh saat proses boarding dan pihaknya berharap para penumpang selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan dengan sabun maupun menggunakan hand sanitizer sebelum bepergian serta menjaga jarak saat di stasiun maupun saat perjalanan menggunakan kereta. Hal ini bertujuan untuk menjaga physical distancing antarpenumpang di stasiun maupun saat di kereta.

Pihaknya mohon maaf atas adanya penyesuaian berupa pengurangan operasional KA tersebut, serta berharap wabah Covid-19 dapat segera berlalu, dan perjalanan KA dapat kembali normal.

“Kami mohon maaf juga bagi para penumpang yang KA yang dibatalkan tersebut akan dikembalikan bea tiketnya sebesar 100 persen. Penumpang dapat menghubungi Contact Center 121 melalui telepon ke 021-121, email [email protected] atau sosial media @KAI121 untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait perjalanannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement