Advertisement

Kandang Ingkung: Sajikan Kuliner Ingkung yang Berbeda

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:17 WIB
Sunartono
Kandang Ingkung: Sajikan Kuliner Ingkung yang Berbeda Suasana Kandang Ingkung yang berlokasi di Jitengan, Balecatur, Gamping, Sleman, Minggu (18/10/2020). -Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mengunjungi DIY tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kulinernya. Banyak sajian khas di DIY, seperti halnya Ingkung, yang layak dicicipi jika berkunjung ke DIY.

Salah satu rumah makan yang menghadirkan sajian ingkung yaitu Kandang Ingkung yang berlokasi di Jitengan, Balecatur, Gamping, Sleman. Suasana yang dihadirkan berada di antara pohon-pohon jati, dengan suasana khas pedesaan menjadi kekhasan tempat.

Advertisement

Pemilik Kandang Ingkung yang juga mitra BPD DIY Syariah, Dwi Nor Puguh menceritakan usahanya ini telah dirintis sejak 2017, berawal dari keinginannya untuk membuat sajian yang berbeda. “Kalau tempat makan di pinggir sawah sudah banyak, saya coba yang berbeda dengan konsep berada di tengah kebun Jati,” ucapnya, Minggu (18/10/2020).

Selain itu, keunikan yang ditawarkan oleh Kandang Ingkung ini yaitu penyajian kopi, yang mana setiap pengunjung dapat mengambil sepuasnya dan bayar seikhlasnya. “Penyajian ingkung juga kami sajikan dengan tradisional, sehingga rasa lebih meresap. Kami ada juga Garang Asem Bambu, dan Serangsang Ayam Bakar Sereh yang dihidangkan di atas wajan,” ujarnya.

Dengan kekhasan yang disajikan itu, sejak berjalan tiga tahun terakhir, pengunjung selalu ramai. Kunjungan sepi, dikatakan oleh Dwi, hanya saat awal-awal pandemi. Kini dengan adaptasi kebiasaan baru dan penerapan protokol pencegahan Covid-19, Kandang Ingkung pun ramai kembali.

Dwi mengatakan untuk melayani para pengunjung yang datang itu, ia dibantu sekitar 30 karyawan, yang merupakan warga sekitar dan sebagian para perantau yang datang ke Jogja. Untuk memberikan gaji para karyawannya itu, Dwi memanfaatkan Bank BPD DIY Syariah, yang dikatakannya telah menjadi mitra, dan memberikan layanan yang baik saat ini.

“Bersama BPD DIY Syariah ini sangat baik servicenya suka menyapa. Sudah dua tahun kerja sama. Jika ada problem juga cepat memberi solusi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement