Advertisement

Cabai Merah Diperkirakan Jadi Pendorong Inflasi Oktober

Maria Elena
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Cabai Merah Diperkirakan Jadi Pendorong Inflasi Oktober Cabai merah - Ilustrasi/Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memperkirakan terjadinya inflasi sebesar 0,08% secara bulanan (month-to-month/mtm) pada Oktober 2020. Penyumbang inflasi terbesar disebut berasal dari komoditas salah satunya cabai merah.

Inflasi tersebut masih berada pada level yang rendah setelah sebelumnya indeks harga konsumen (IHK) mengalami deflasi 0,05% mtm pada September 2020.

Advertisement

"Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Oktober 2020 secara tahun kalender sebesar 0,97 persen [year-to-date/ytd], dan secara tahunan sebesar 1,46 persen [year-on-year/yoy]," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Onny memaparkan penyumbang utama inflasi pada periode Oktober 2020 berasal dari komoditas cabai merah sebesar 0,09 persen mtm, bawang merah 0,03% mtm, minyak goreng dan daging ayam ras masing-masing 0,01% mtm.

Sementara itu, komoditas yang menyumbang deflasi di antaranya komoditas telur ayam ras sebesar -0,04% mtm, serta beras dan emas perhiasan masing-masing sebesar -0,01% mtm.

Onny menambahkan, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Selain itu, BI juga akan menperkuat langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Mafia Tanah, Kantor Pertanahan Jogja Dorong Masyarakat Punya Sertifikat Tanah Elektronik

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement