Advertisement

Imlek Sepi saat Pandemi, Ini Komentar Ako Amoi Hakka Jogja

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 11 Februari 2021 - 09:37 WIB
Arief Junianto
Imlek Sepi saat Pandemi, Ini Komentar Ako Amoi Hakka Jogja Prosesi pencucian patung dewa di Kelenteng Poncowinatan, Sabtu (6/2/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perayaan tahun baru Imlek yang masih berada di masa pandemi Covid-19, terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Generasi muda juga merasakan hal sama, penyesuaian pun dilakukan.

Amoi Hakka Jogja 2020, Lusi Elpina juga merasakan bahwa Imlek tahun ini dilakukan dengan cara yang sangat berbeda, namun semangat dan antusias Imlek menurutnya tetap terjaga. Hal ini dapat terlihat dari semangat orang-orang untuk memodifikasi cara perayaan Imlek tersebut.

Advertisement

“Imlek tahun ini harus mematuhi protokol kesehatan. Cara silaturahmi dari rumah ke rumah selama Imlek diganti dengan pertemuan secara virtual, mengirim angpao atau parsel Imlek pun dilakukan tanpa tatap muka langsung,” ucap Lusi, Rabu (10/2/2021).

Dia berharap Imlek tahun ini semua dapat bersabar dan teguh di tengah pandemi Covid-19. “Tetap memiliki semangat dan terus berkarya meskipun dengan tata cara yang berbeda [menggunakan protokol kesehatan],” ucapnya.

Senada, Ako Hakka Jogja 2020, Yoel Pradipta juga merasakan hal yang berbeda perayaan Imlek tahun. Imlek yang biasa menjadi momen berkumpul untuk keluarga, termasuk keluarga di luar kota, tapi untuk saat ini tidak bisa dilakukan.

Yoel berharap untuk perayaan Imlek tahun ini semua dapat diberi kesehatan. “Harapan semua terhindar dari penyakit, bisa terus diberi kemakmuran meskipun sedang berada di era pandemi, dan pastinya selalu diberikan rasa bersyukur dan suka cita sehingga tetap dapat berkat Tuhan,” ucap Yoel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement