Anak di Bawah 5 Tahun Tak Wajib Test Covid saat Naik KA Jarak Jauh

Anak di Bawah 5 Tahun Tak Wajib Test Covid saat Naik KA Jarak JauhIlustrasi keadaan di stasiun kereta
11 Februari 2021 19:07 WIB Yudi Supriyanto Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Anak di bawah 5 tahun tidak wajib melakukan tes Covid-19 saat akan menaiki kereta api jarak jauh.

Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengungkapkan yang terbaru terkait protokol kesehatan pada masa libur panjang keagamaan, calon penumpang harus memenuhi persyaratan sebelum melakukan perjalanan KA, di antaranya menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19) yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Selain itu calon penumpang anak dibawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/ rapid tes antigen/ GeNose tes untuk syarat naik KA jarak jauh," katanya pada Kamis (11/2/2021).

Dia mengungkapkan protokol kesehatan terbaru tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas No. 7 / 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, pelancong juga harus dalam kondisi sehat, yakni tidak menderita (flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, dan mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA.

Kemudian, pelancong yang akan menggunakan kereta api jarak jauh juga dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

"Pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang tak hanya dilakukan di Stasiun, sepanjang perjalanan petugas secara berkala juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang," katanya.

Jika diperjalanan kedapatan penumpang memiliki suhu tubuh diatas 37,3 derajat, maka akan dipindahkan ke ruang isolasi sementara di atas KA. Selanjutnya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

Petugas juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan.

PT KAI Daop 1 juga, lanjutnya, memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Sumber : bisnis.com