Advertisement

Bangun Minat Baca Sejak Dini, Begini Caranya!

Media Digital
Senin, 17 Mei 2021 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
Bangun Minat Baca Sejak Dini, Begini Caranya! Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Selamat Hari Buku Nasional! Sejak tahun 2002, tanggal 17 Mei telah ditetapkan sebagai peringatan Hari Buku Nasional, sebuah momen untuk mengingatkan kembali akan pentingnya budaya membaca guna meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Namun sayangnya, budaya membaca di kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Anak-anak zaman sekarang juga lebih suka memainkan gadget dibandingkan membaca buku. Faktanya, budaya membaca baiknya dibangun sejak usia dini. Hal ini dikarenakan usia golden age pada anak menjadi waktu yang sangat efektif dalam menyimpan value dan kebiasaan membaca hingga ia dewasa. Berikut  beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk membangun budaya membaca anak sejak dini, antara lain: 

  • Membacakan dongeng

Bangun minat membaca pada anak sejak dini dengan membacakan cerita dongeng menjelang tidur atau saat di waktu luang. Membiasakan anak mendengarkan cerita dongeng dapat meningkatkan minat membaca serta daya imajinasi anak. Orang tua dapat mencoba membacakan dongeng dengan membuat suara yang berbeda-beda untuk setiap karakter. Libatkan anak dalam kisah dongeng yang dibacakan untuk membuat anak lebih tertarik. Lakukan aktivitas ini secara rutin agar anak-anak pun terbiasa dengan aktivitas ini.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

  • Kenalkan buku edukasi dengan visual yang menarik

Saat ini, banyak buku edukasi yang dilengkapi dengan visual menarik dan permainan kecil untuk mendorong kognisi anak. Orang tua dapat memilih buku edukasi tipe ini agar anak tertarik untuk membacanya. Selain meningkatkan minat membaca anak, bantuan visual dalam sebuah buku edukasi dapat membantu anak menyerap informasi mengenai pengetahuan ilmiah maupun sosial yang dengan lebih mudah dan cepat. Orang tua pun dapat meminta anak untuk menceritakan kembali isi buku tersebut agar ia dapat berlatih untuk meningkatkan kepercayaan dirinya untuk bercerita di depan anggota keluarga. Setelah anak berhasil menyelesaikan sebuah buku, orang tua dapat memberikan hadiah kecil agar anak semakin bersemangat membaca buku lainnya. 

  • Ajak anak memilih buku bacaannya 

Untuk meningkatkan minat anak dalam membaca, orang tua dapat mengajak anak untuk memilih buku bacaannya sendiri. Cara ini dapat mengajarkan anak untuk berani membuat keputusan sendiri dan memberikan ia kebebasan untuk memilih. Di masa pandemi ini, orang tua dapat mengajak anak memilih buku secara online melalui website Gramedia atau Books&Beyond. Agar transaksi lebih mudah, gunakan metode pembayaran digital seperti ShopeePay yang juga tersedia di website dan gerai kedua toko tersebut agar aktivitas belanja buku menjadi lebih praktis, aman, dan memuaskan.

Itulah beberapa tips seru yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk memperkenalkan pentingnya budaya membaca kepada anak. Mari bersama-sama kita tingkatkan minat membaca anak sejak usia dini!  

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

WHO Isyaratkan Pandemi Berakhir, Ini Update Capaian Vaksinasi DIY

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement