Jawab Kebutuhan RS, PLN Kembali Salurkan Bantuan 12 Ton Oksigen di Jawa Tengah

Jawab Kebutuhan RS, PLN Kembali Salurkan Bantuan 12 Ton Oksigen di Jawa Tengah Jawab Kebutuhan RS, PLN Kembali Salurkan Bantuan 12 Ton Oksigen di Jawa Tengah. - Ist.
22 Juli 2021 12:17 WIB Media Digital Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Oksigen menjadi kebutuhan vital yang mesti dipenuhi dalam penanganan pandemi Covid-19. PLN Peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kembali melanjutkan pendistribusian bantuan 12 ton oksigen ke 5 rumah sakit di Jawa Tengah.

Kelima rumah sakit yang menerima bantuan dari PLN adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes sebanyak 2 ton, RSUD Kardinah Tegal sebanyak 2 ton, RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Banyumas sebanyak 2 ton, RSUD Banyumas sebanyak 3 ton, dan RS PKU Muhammadiyah Gombong sebanyak 3 ton.

Pemberian bantuan ini dimonitor langsung oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jateng & D.I. Yogyakarta, M. Irwansyah Putra dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko.

"Rangkaian bantuan ini merupakan upaya PLN untuk turut berkontribusi dalam percepatan pemulihan dari pandemi Covid-19," kata Irwansyah.

Direktur Utama RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, dr. Tri Kuncoro menyampaikan apresiasi atas kepedulian PLN yang membantu rumah sakit dalam mengatasi kekurangan oksigen yang sangat dibutuhkan pasien Covid-19.

“Kami sangat terbantu dengan bantuan ini dan mengurangi rasa was-was kami akan situasi kekurangan oksigen di Jateng, kami mewakili RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN yang telah memberi bantuan oksigen liquid di rumah sakit kami untuk menolong para pasien yang dirawat,” katanya.

Ia berharap bantuan tersebut membawa berkah dan manfaat yang besar kepada penanganan Covid-19 khususnya di Jawa Tengah.

Senada dengan Tri, dr. Panji Aryandaru selaku Direktur Penunjang Pelayanan Klinik RS PKU Muhammadiyah Gombong mengatakan bantuan oksigen ini sangat berarti bagi keselamatan pasien. Apalagi saat ini rumah sakit sangat kesulitan untuk mendapatkan oksigen. Sementara jumlah pasien Covid-19 terus bertambah.

"Kami merawat pasien cukup banyak. Per hari ini, kami merawat 304 pasien covid dan sebagian besar pasien ini bergantung dengan oksigen. Untuk itu, bantuan oksigen ini sangat berarti bagi kami untuk keselamatan para pasien," imbuh Panji.

Dengan tambahan ini, total PLN telah mendistribusikan bantuan oksigen ke 13 rumah sakit di Jateng dan DIY sebesar 38,3 ton. Pengisian oksigen di RSUD Banyumas turut disaksikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banyumas, Didi Rudwiyanto.

Ia mewakili Pemerintah Kabupaten Banyumas dan mewakili RSUD Banyumas menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap program PLN Peduli dalam rangka penanganan Covid-19 di Wilayah Banyumas.

"Bantuan ini sangat berharga karena wilayah kami Kabupaten Banyumas khususnya RSUD Banyumas ini menjadi rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19 di Banyumas Raya baik itu Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap bahkan Kebumen, sehingga bantuan ini sangat kami tunggu," ungkapnya.

PLN terus berupaya menyalurkan bantuan oksigen ke beberapa rumah sakit lainnya di wilayah Jateng dan DIY. Proses pendistribusian oksigen untuk Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah dan DIY akan dilakukan secara bertahap melalui koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi setempat.