Advertisement

PLN Dukung Industri Peternakan Ayam

Media Digital
Jum'at, 13 Agustus 2021 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PLN Dukung Industri Peternakan Ayam PLN dukung bisnis peternakan ayam. - Ist/PLN

Advertisement

Harianjogja.com, SALATIGA- PLN berkomitmen untuk terus mendukung perekonomian masyarakat, salah satunya melalui program electrifying agriculture yaitu pelayanan listrik untuk meningkatkan produktivitas para pelaku usaha di sektor pertanian, peternakan, perikanan maupun perkebunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistika, baik Kabupaten Semarang maupun Kota Salatiga salah satu bidang agriculture yang cukup tumbuh adalah sektor peternakan, khususnya peternakan ayam.

Advertisement

Dengan tumbuhnya sektor peternakan ini, PLN siap men-support para pelaku industri melalui eksekusi penyambungan yang cepat dengan listrik yang handal, mudah, dan terjangkau.

"PLN akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pelaku usaha terutama pengusaha peternakan ayam. Dengan handalnya jaringan listrik PLN, diharapkan dapat meningkatkan keuntungan bagi para peternak ayam," terang Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Salatiga, Arif Rohmatin.

Peranan Listrik dari PLN sangat penting bagi para pelaku usaha peternakan terutama pelaku usaha peternakan ayam yang mulai beralih system close house skala kecil maupun menengah seperti yang dirasakan Amin Hambali selaku pemilik kandang ayam berkapasitas 12.000 ekor yang berlokasi di Krajan, Tengaran, Kabupaten Semarang.

Menurutnya, perubahan dari kandang open ke close, memerlukan listrik untuk menggerakan blower dimana per satu blower membutuhkan daya 1.500 VA dengan perlantai kandang minimal 2 blower.

"Dengan sistem closed house ini bisa menaikan kapasitas ayam yang awalnya hanya 7.000 ekor bisa sampai 12.000 ekor," ujar Amin.

Hal yang sama juga dirasakan oleh sumardi, pemilik ayam dengan kapasitas 5.500 ekor yang berlokasi di Kali Jali, Kabupaten Semarang.

"Kehadiran listrik sangat vital sebagai penggerak blower dan lampu yang merupakan pendukung penting sistem closed house. Dengan beralih ke close house, suhu atau temperature bisa lebih diatur baik musim hujan maupun musim panas kemudian masa panen bisa lebih cepat dengan bobot ternak yang dihasilkan lebih besar 2 ons per ekor dan yang pasti lebih ramah lingkungan karena bau yang dikeluarkan hanya satu arah tidak menyebar," imbuhnya.

Hingga saat ini, sebanyak 86 pelaku sektor peternakan di wilayah kerja PLN UP3 Salatiga telah mengikuti program Electrifying Agriculture dan telah merasakan langsung manfaatnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement