Ingin Berbisnis? Jual Rice Bowl Bisa Jadi Pilihan Praktis, tapi Siapkan 5 Hal Ini Dahulu!

Ingin Berbisnis? Jual Rice Bowl Bisa Jadi Pilihan Praktis, tapi Siapkan 5 Hal Ini Dahulu!Rice bowl - tastecom
16 Desember 2021 21:07 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Rice bowl menjadi salah satu bisnis makanan yang populer akhir-akhir ini, terlebih saat pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan kepraktisannya, namun tetap memiliki cita rasa yang nikmat.

Rice bowl kemudian juga menjadi pilihan untuk Anda yang mungkin sibuk namun ingin tetap mengonsumsi makanan yang simple. Contohnya, Anda dapat mengonsumsinya dimana saja dikarenakan pengemasannya yang cenderung simple.

Bisnis rice bowl juga dapat menguntungkan terutama jika Anda menerapkan packing yang unik, menu yang unik dan lain-lainnya.

Jika kemudian Anda merencanakan untuk membuka bisnis rice bowl, berikut beberapa hal yang dapat Anda persiapkan yang dilansir dari berbagai sumber dan telah dirangkum oleh Bisnis.

1. Matangkan konsep Anda

Konsep menjadi hal yang penting, sebelum Anda menjual produk Anda. Apakah Anda akan menjual menu yang menonjolkan ala lokal, khas Indonesia, Asia atau ala western.

Baca juga: Ini 7 Hal yang Tidak Akan Dilakukan Perempuan Demi Pria

Kemudian jika Anda sudah menentukan, Anda dapat mulai merancang dan mengolah strategi Anda untuk kedepannya. Pastikan Anda memiliki konsep yang matang, jelas dan mengerucut, agar langkah Anda menjadi lebih tepat dan lebih pasti

2. Bangunlah branding Anda

Setelah menentukan konsep, maka langkah berikutnya adalah membangun brand dari rice bowl Anda. Tentukan baik dari nama rice bowl Anda, menu-menu yang Anda tawarkan, packaging Anda, dan lain-lainnya.

Pastikan Anda membangun branding yang tepat sesuai dengan target market Anda. Jangan lupa untuk memastikan baik dari sisi awal produk dibuat dan kemasannya selaras dengan konsep Anda. Dengan melakukan hal tersebut, maka secara tidak langsung branding Anda akan menjadi lebih kuat.

3. Perhatikan ragam menu dan kualitas bahannya

Tentunya Anda perlu menyajikan berbagai ragam menu agar para konsumen tidak mudah cepat bosan. Anda bisa memulai dengan menyajikan menu yang sedikit dan kemudian menambah varian menu lainnya.

Pastikan Anda juga mempersiapkan dengan bahan menu yang berkualitas. Hal ini dimulai dari nasi yang menjadi komponen utama, dan kemudian kualitas dalam setiap bahan untuk lauknya.

4. Strategi dalam menetapkan harga jual

Pastikan Anda telah melakukan riset mengenai harga pasaran terutama dalam menjual rice bowl. Pastikan bahwa harga Anda berada di harga yang sesuai dengan lingkungan Anda, sehingga Anda juga tetap untuk dan tidak merugi.

Kemudian, akan lebih baik jika Anda juga memiliki supplier. Dengan memiliki supplier, maka Anda akan mendapatkan harga modal yang lebih murah namun dengan kualitas yang terjamin akan bahkan lebih baik.

5. Strategi marketing dan berjualan

Jika Anda sudah siap dan ingin meluncurkan produk, pastikan Anda memiliki strategi marketing yang kreatif agar produk Anda semakin banyak dilihat oleh konsumen dan meningkatkan keinginan untuk membeli.

Anda dapat memulai dengan memastikan bahwa produk Anda dapat dipesan secara online atau offline. Kemudian, promosikan di media sosial dan terapkan strategi promo. Anda dapat melakukan strategi yang kreatif dan selaras dengan konsep Anda. Hal ini agar brand Anda menjadi lebih terlihat.

Sumber : bisnis.com