Resolusi 2022 yang Realistis untuk Pemilik Usaha Kecil

Resolusi 2022 yang Realistis untuk Pemilik Usaha Kecil Pelaku usaha pembuatan kerajinan dari rotan
01 Januari 2022 12:07 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemilik usaha kecil tentunya juga memiliki semangat baru memasuki tahun baru, yakni untuk memperkuat dan memperluas bisnis mereka.

Berikut beberapa resolusi realistis yang dapat diikuti oleh pemilik usaha kecil yang dilansir dari Forbes. 

1. Perkuat kehadiran secara online dan memanfaatkan alat digital

Berdasarkan laporan tahunan Small Business Roundtable, pada tahun 2020 banyak bisnis menggunakan kehadiran web untuk kesadaran, akuisisi pelanggan, kemampuan e-niaga, dan pemenuhan digital. Hal ini semakin dibutuhkan terutama di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, maka pastikan apakah bisnis Anda telah sepenuhnya menerapkan sumber daya digital. Jika belum, Anda tentunya dapat beralih secara perlahan.

2. Buatlah rencana untuk karyawan Anda

Pemilik bisnis dapat mendukung karyawan dengan membuat rencana operasi bisnis bagi para karyawan untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini meliputi menggabungkan praktik seperti jadwal kerja yang fleksibel, paruh waktu bertahap, dan pelatihan silang.

Hal ini untuk mempersiapkan ketidakhadiran karyawan karena penyakit pribadi atau merawat anak-anak, lanjut usia, atau adanya anggota keluarga yang sakit.

3. Dapatkan sertifikasi

Pemilik bisnis yang merupakan bagian dari populasi yang kurang terwakili atau menjalankan bisnis mereka di komunitas yang kurang terlayani, dapat mengajukan sertifikasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan akses mereka ke ratusan perwakilan perusahaan dan kontak profesional.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengeksplorasi peluang yang tersedia dan daftarkan diri Anda.

4. Manfaatkan kesempatan dari pemerintah

Pemilik usaha kecil perlu melihat peluang dari pemerintah baik untuk pengembangan bisnis yang mendukung usaha kecil. Dengan melihat peluang, maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mendorong bisnis Anda lagi untuk menjadi lebih berkembang.

5. Bergabung dengan organisasi bisnis kecil

Organisasi untuk pemilik bisnis ada di sebagian besar komunitas. Hal ini tidak hanya memberikan koneksi dan peran kepemimpinan di komunitas, namun juga akan membantu lebih banyak peluang di dalam bisnis. Pemilik bisnis dapat mempelajari lebih lanjut tentang organisasi di kota mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis.com