Advertisement

UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp4 Miliar dalam Pameran Inacraft

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 31 Maret 2022 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp4 Miliar dalam Pameran Inacraft Inacraft 2022 - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--The International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022 resmi ditutup pada Minggu (27/3/2022). Sebanyak 24 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan PT Pertamina (Persero) meraup total transaksi hingga mencapai Rp4 Miliar selama gelaran INACRAFT 2022.

Di hari terakhir gelaran INACRAFT 2022, 24 booth UMKM Pertamina mendapatkan respons positif dan dikunjungi banyak pembeli potensial baik dalam maupun luar negeri. "Adapun total transaksi yang ada di booth UMKM Pertamina mencapai Rp4 Miliar atau naik hingga 107% dibandingkan gelaran terakhir INACRAFT di 2019. Impak yang diharapkan selain penjualan selama pameran, diharapkan ada sustainability order dari pelanggan-pelanggan baru selama INACRAFT ini dan usaha UMKM terus bergerak maju," ujar VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, melalui siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Advertisement

Fajriyah mengatakan dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir harapan dan aspirasi UMKM Pertamina sekaligus mendorong jiwa kemandirian untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan profesional.

Sebanyak 24 UMKM Pertamina berasal dari berbagai kota di Indonesia antara lain Jakarta, Banten, Bandung, Bantul, Sleman, Kediri, Surabaya, Denpasar, Lombok Timur, Situbondo, Banjarmasin dan Balikpapan dengan jenis usaha terdiri dari fashion, craft dan kosmetik. 24 UMKM tersebut terpilih melalui proses yang cukup panjang, setelah dilakukan kurasi terhadap 103 UMKM yang mendaftar dengan kriteria mutu produk, kualitas dan level yang harus sesuai kebutuhan pasar global.

Produk kerajinan akar kayu jati menjadi salah satu produk yang banyak diserbu pengunjung. Sempat melakukan penambahan stok pameran, produk ini pun mendapat pesanan untuk dipasarkan di Denmark.

Dirinya tidak menyangka akan mendapat pesanan dengan jumlah yang sangat signifikan. Bahkan produk meja dan kursi yang baru saja didisplay langsung terjual hanya dalam hitungan menit. “Dapat order 10.000 pcs guci kayu. Kami Insya Allah sanggup sediakan barangnya. Ini seperti mimpi,” ujar pemilik Galery Akar Dewa Jati Situbondo, Innani.

Innani menjadi Mitra Binaan Pertamina di bawah Rumah BUMN Situbondo sejak 2019. Adapun produk yang dihasilkan berupa hiasan rumah, kursi, meja, sendok, garpu, cangkir, sumpit dan gelas yang semuanya berbahan dasar akar kayu jati dengan berbagai design unik namun tetap memiliki daya guna. Agar tahan lama dan tetap aman bagi tubuh, produk dicat dengan memilih bahan alami yang terbuat dari lilin lebah. Bukan hanya food safe tetapi juga food grade, jika bahan tertelan saat mengkonsumsi makanan tidak akan menimbulkan bahaya kesehatan.

Sementara Made Diksa Wimona, UMKM yang menjual kosmetik yang diproduksi sendiri seperti lulur bali, lotion, masker, sabun alami, garam mandi, dan krim massages terharu dan sangat bahagia bisa menjadi bagian dari UMKM yang mengisi booth Pertamina di INACRAFT 2022. Dirinya tidak menyangka kalo produknya banyak diburu pengunjung hingga melakukan tiga kali pengiriman dari Bali selama ajang ini berlangsung. Jelang sehari sebelum penutupan acara, barangnya sudah terjual habis. "Di hari terakhir saya hanya menyebar brosur dan kartu nama sambil menjelaskan produk yang dijual," tuturnya.

Di ajang INACRAFT 2022 ini dirinya banyak mendapat pelanggan baru baik pelanggan retail, distributor dan pelanggan maklon/dipakai sendiri. Beberapa pelanggan retail sudah mulai memesan produk untuk dijual kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement