Advertisement

Cuti Bersama Ditetapkan, Pengusaha Wisata: Ini Angin Segar

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 07 April 2022 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Cuti Bersama Ditetapkan, Pengusaha Wisata: Ini Angin Segar Salah satu pementasan tari dalam Gelar Seni Pranatan Anyar bertema Lestari Budayaku di Tebing Breksi, Prambanan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Keputusan pemerintah memberikan cuti bersama pada Jumat (29/4/2022) dan Rabu-Jumat (4-6/5/2-22) disambut baik pelaku wisata di DIY. Keputusan ini dinilai menjadi angin segar bagi pelaku wisata.

“Ini merupakan good news buat industri, artinya Pemerintah Pusat benar-benar mendorong pergerakan dan pertumbuhan dalam upaya recovery ekonomi dan pariwisata,” kata Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie, Kamis (7/4/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Dari Tangan Super Chef, Royal Malioboro Hadirkan 200 Menu Ramadan

Keluarnya kebijakan tersebut, industri semaksimal mungkin melalui koordinasi di masing-masing usaha jasa pariwisata akan mempersiapkan diri untuk benar-benar menjadi host yang bertanggung jawab, baik dari sisi produk, sumber daya manusia (SDM), dan pelayanan.

“Tentunya dengan penguatan dan koordinasi serta sinergi dengan pemerintah daerah sebagai dirigen dari proses recovery ini,” ujarnya.

Bobby mengungkapkan GIPI DIY bersama Pemda DIY, melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, Bank Indonesia, Badan Promosi Pariwisata DIY, Polda DIY dan semua OPD terkait, Selasa (12/4) akan menyelenggarakan webinar series bertajuk Road to Jogjakarta as a Responsible Tourism Destination sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi.

“Rencana akan diadakan setiap tanggal 12. Ini sekaligus menjawab kepada masyarakat, market atau calon wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bahwa Pemda DIY beserta seluruh stakeholder pariwisata DIY serius dan melakukan langkah kongkrit kedepan. Memberikan kenyamanan, keamanan dan perlindungan secara maksimal kepada masyarakat dan seluruh wisatawan yang berkunjung ke DIY,” ujar Bobby.

BACA JUGA: D'Senopati Hadirkan Parade Kuliner Nusantara pada Ramadan 2022

Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Komunikasi Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY, Fachri Herkusuma mengatakan pemerintah memang memberi lampu hijau tapi masih dibatasi aturan bahwa yang sudah vaksin booster bebas dari tes Covid-19.

“Tentu harapan dari Asita DIY pemerintah gencar untuk menyelenggarakan vaksin booster hingga ke daerah-daerah guna memudahkan masyarakat yang akan mudik. Cost mudik masih tinggi jika dibarengi dengan antigen atau PCR soalnya. Harapannya semakin banyak masyarakat diluar DIY yang sudah booster tentu akan semakin banyak yang mudik dan liburan ke Jogja,” ucapnya.

Asita DIY sendiri telah menyiapkan paket wisata untuk mengisi libur Lebaran. “Paket Wisata Gowes tentu masih menjadi highlight, selain objek wisata baru seperti Heha Ocean View, Obelix, Suraloka Zoo yang dikombinasikan dengan obyek wisata yang sudah lebih dulu popular. Asita DIY juga selalu mengimbau dan mengingatkan ke travel agent agar selalu menerapkan protokol kesehatan, karena sebagian besar travel agent sudah memiliki sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata,” ucap Fachri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Dinkes Bantul: Angka Stunting di Kalurahan Selopamioro Tertinggi di Bumi Projotamansari

Bantul
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement