Advertisement

Jangan Takut Tak Kebagian, KAI Siapkan Tambahan 770 Perjalanan Lebaran

Dany Saputra
Rabu, 13 April 2022 - 14:07 WIB
Arief Junianto
Jangan Takut Tak Kebagian, KAI Siapkan Tambahan 770 Perjalanan Lebaran Foto ilustrasi. - dok Humas Daop 6 Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengantisipasi peningkatan penumpang angkutan mudik jelang Idulfitri tahun ini. Salah satunya adalah dengan penambahan 770 perjalanan kereta api jarak jauh.

Diketahui, sebanyak 7,66 juta orang diprediksi mudik dengan moda kereta api.

Advertisement

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan antisipasi dilakukan dengan menyediakan sebanyak 770 perjalanan kereta jarak jauh tambahan.

Jumlah perjalanan tersebut setara dengan rata-rata 35 perjalanan kereta api per hari.

"Dengan meningkatnya permintaan masyarakat, KAI juga mengoperasikan 770 perjalanan KA jarak jauh tambahan atau rata-rata 35 KA per hari. Adapun kapasitas tempat duduk yang KAI tambahkan adalah 423.192 tempat duduk KA jarak jauh tambahan atau rata-rata 19.236 tempat duduk per hari," kata Joni, Selasa (12/4/2022).

Guna mengakomodasi seluruh perjalanan kereta api pada masa angkutan lebaran tersebut, KAI telah menyiapkan 459 lokomotif dan 1.603 kereta yang siap dioperasikan.

Adapun, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai dengan H+10 Lebaran atau 22 April sampai dengan 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, KAI menjalankan 3.601 perjalanan KA jarak jauh reguler atau rata-rata 164 perjalanan KA per hari.

Sementara itu, kapasitas penumpang yang disediakan KAI adalah lebih dari dua juta tempat duduk KA jarak jauh reguler atau rata-rata 93.366 tempat duduk per hari. 

Joni mengatakan pihaknya mengantisipasi peningkatan permintaan, mengingat banyaknya masyarakat yang merencanakan untuk melakukan mudik tahun ini.

Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub pada akhir Maret lalu, sebanyak 7,66 juta orang berencana menggunakan kereta api, dari total 85,5 juta orang yang berencana untuk mudik.

Di samping itu, Joni mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni mengingatkan bahwa tiket sudah bisa dipesan H-45 keberangkatan melalui berbagai saluran penjualan tiket yang tersedia.

Hingga Selasa (12/4/2022), sebanyak 872.930 tiket KA jarak jauh atau 36% dari total tiket yang disediakan telah terjual.

Adapun, tiga rute favorit masyarakat pada masa angkutan Idulfitri tahun ini yaitu Jakarta—Surabaya pp; Jakarta—Yogyakarta pp; dan Jakarta—Malang pp.

Sementara itu, tanggal keberangkatan yang paling banyak dipesan oleh masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 dan 8 Mei.

"KAI melihat bahwa tiket kereta pada masa Angkutan Lebaran secara umum masih cukup banyak tersedia. KAI mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement