Advertisement

Jogja Fashion Week 2022: Wujud Sinergi demi Pulihkan UMKM DIY

Media Digital
Senin, 13 Juni 2022 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Jogja Fashion Week 2022: Wujud Sinergi demi Pulihkan UMKM DIY Model beraksi di catwalk saat Jogja Fashion Week 2022 di Sleman City Hall, Minggu (12/6/2022). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sinergi dan kolaborasi menjadi kunci penting untuk mempercepat pemulihan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu tulang punggung perekonomian.

Itulah sebabnya, dalam rangka meningkatkan daya saing pelaku UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY terus konsisten memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah, lembaga, asosiasi, dan komunitas melalui berbagai event strategis yang telah dan akan dilaksanakan sepanjang 2022.

Advertisement

Event-event tersebut diselenggarakan sebagai ajang showcase dan promosi bagi produk-produk UMKM unggulan dari DIY. Salah satu flagship event BI di DIY adalah Grebeg UMKM DIY yang tahun ini akan menjadi tahun ke-6 sejak acara tersebut digelar kali pertama pada 2017.

BACA JUGA: Harga Emas di Pegadaian Naik, Cek Daftarnya!

Di tahun ini pula, gelaran Grebeg UMKM DIY digelar dengan label Jogja Fashion Week 2022. Ini menjadi bukti kuatnya sinergi, kolaborasi, dan cakupan dari penyelenggaraan Grebeg UMKM DIY 2022, maka Kantor Perwakilan BI DIY akan kembali berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Dinas Koperasi UKM DIY serta Indonesian Fashion Chamber (IFC) chapter DIY.

Plt. Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Tantan Heroika mengatakan penyelenggaraan rangkaian acara Grebeg UMKM 2022 sejalan dengan upaya BI DIY untuk terus mendorong industri kreatif DIY khususnya fashion untuk terus berkarya menciptakan produk-produk berkualitas dan berdaya saing.

“BI dan unsur pemerintah lainnya berkepentingan mendorong perekonomian DIY dan Indonesia tumbuh lebih baik lagi. Potensi fesyen kita bagus, punya beragam wastra dari ujung Aceh sampai Papua punya. Wastra ini perlu diolah desainer, dengan ide yang semakin kreatif dan sesuai dengan tuntutan saat ini,” ucap Tantan, saat pembukaan Jogja Fashion Week 2022 di Sleman City Hall, Minggu (12/6/2022).

Plt. Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Tantan Heroika saat menyampaikan sambutan Jogja Fashion Week 2022 di Sleman City Hall, Minggu (12/6/2022)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Selain itu, penyelenggaraan acara ini sekaligus merupakan kegiatan program, untuk menyiapkan dan menyeleksi produk-produk terbaik yang akan diikutsertakan dalam flagship event dan promosi perdagangan BI di tahun-tahun ke depan. Beberapa event yang sudah diagendakan di antaranya adalah Karya Kreatif Indonesia (KKI), Festival Ekonomi Syariah (FESyar) dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF).

Advertisement

BACA JUGA: Jogja Fashion Week 2021, Asa Industri Kreatif Bangkit di Masa Pandemi

Ke depannya, kata dia, diharapkan karya para desainer Jogja Fashion Week banyak yang menggunakan kriya-kriya buatan DIY sehingga para perajin kain DIY turut menikmati dampak kemanfaatannya.

“Besar pula harapan kami bahwa, event ini akan bermanfaat yang sebesar-besarnya bagi pelaku bisnis fesyen di DIY dan sekitarnya, serta bagi perekonomian DIY,” ucapnya.

Advertisement

Di samping itu, diharapkan juga awareness penikmat fashion di DIY dan seluruh Indonesia untuk turut membeli karya-karya lokal yang tidak kalah bagus dan berkualitas tinggi, dan tidak lupa belanja dan bertransaksi menggunakan QRIS yang Cepat Mudah Murah Aman Handal (Cemumuah) dalam rangka mendukung akselerasi digitalisasi ekonomi. 

Fesyen Etnik

Tak dimungkiri, Jogja Fashion Week menjadi salah satu event rutin di DIY yang ditunggu masyarakat, khususnya pencinta dan pegiat fesyen, baik dari DIY, maupun skala nasional.

Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yuna Pancawati mengakui potensi fesyen dari DIY terbilang cukup besar. Hal itu terbukti dari tingginya nilai ekspor dari sektor tekstil.

Advertisement

“Potensinya luar biasa, dari sisi ekspor, di sektor tekstil itu juga mengalami peningkatan. Termasuk ketiga tertinggi. Penyelenggaraan ini juga dukungan dari Bank Indonesia,” ucap Yuna di sela-sela acara, Minggu.

BACA JUGA: Industri Kecil dan Menengah DIY Perlu Merancang Produk & Kemitraan

Project Director Jogja Fashion Week, Afif Syakur menambahkan, Jogja Fashion Week ini juga menjadi salah satu upaya untuk mendorong Jogja menjadi pusat fesyen etnik. Menurut dia, DIY laiknya Indonesia kecil, dengan segala keberagamannya.

Advertisement

Jogja Fashion Week mengangkat unsur lokal menjadi nasional, bahkan internasional. Mengikuti tren menjadi kekinian, dengan keunggulan etnik lokal. Ini dukungan juga Pemda DIY, dan Bank Indonesia, mendorong kreativitas desainer,” ucapnya.

Jogja Fashion Week 2022 kali ini mengambil tema Panca Kartika yang merefleksikan produk ekonomi kreatif bidang fesyen dari lima Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP), yaitu Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba dan Labuan Bajo.

“Melalui tema ini, diharapkan cakupan Jogja Fashion Week menjadi lebih luas dan lebih kaya kreatifitas, tidak hanya Jawa namun juga daerah lain di seluruh Indonesia,” ucap Afif.

Dalam Jogja Fashion Week akan ada beberapa rangkaian acara, di antaranya adalah Trend Show 2022 Panca Kartika yang digelar di Ballroom Kamala Sleman City Hall, Jumat-Minggu (19-21/8); Jogja Fashion Week karya Wastra Bhinneka: Bangkitkan IKM Fashion di Jogja Expo Center, Jumat-Selasa (26-30/8) dengan berbagai kegiatan fashion show; business matching Pembiayaan UMKM DIY; Onboarding UMKM DIY; pameran UMKM DIY; serta Jogja Art Fashion Festival yang diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Jogja Fashion Week tahun lalu menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif DIY, setelah sempat vakum selama pandemi. Para desainer dari DIY dan daerah sekitarnya meluapkan kerinduannya dengan menampilkan karya-karya fesyen yang mengesankan,” kata Afif.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Donor Darah Siang Ini di Jogja, Cek Lokasinya..

Jogja
| Selasa, 28 Juni 2022, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement