Advertisement

Ditertibkan, Kini Tak Ada Toko Online Jual Minyakita di Tokopedia dan Shopee

Indra Gunawan
Senin, 11 Juli 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Ditertibkan, Kini Tak Ada Toko Online Jual Minyakita di Tokopedia dan Shopee Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Platform e-commerce, Tokopedia dan Shopee meminta masyarakat melaporkan jika masih ada toko online yang menjual minyak goreng curah kemasan Minyakita di atas harga eceran tertinggi (HET) yaitu Rp14.000 per liter.

Kedua platform tersebut juga akan menindak tegas salah satunya dengan memblokir toko online yang dinilai melanggar aturan tersebut.

Berdasarkan pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, pada hari ini, Senin (11/7/2022), baik platform Tokopedia maupun Shopee sudah tidak ditemukan pedagang yang menjual Minyakita.

BACA JUGA: APPBI DIY Dorong Adanya Sentra Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan

Sebelumnya, terpantau sejumlah toko online di kedua platform tersebut yang menjual MinyaKita di atas HET. Hal itu terjadi saat Kementerian Perdagangan (Kemendag) baru meluncurkan produk Minyakita pada Rabu (6/7/2022).

Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia, Hilmi Adrianto mengaku akan menindak tegas penjual yang melanggar ketentuan dan menjual produk dengan harga yang tidak wajar.

“Saat ini, kami terus berupaya menindaklanjuti laporan yang dimaksud sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujar Hilmi, Senin (11/7/2022).

Dia menyebut, masyarakat dapat melihat cara melaporka temuan penjual yang melanggar ketentuan melalui https://www.tokopedia.com/bantuan/produk-melanggar-ketentuan

Dia mengatakan, Tokopedia juga akan mematuhi kebijakan pemerintah, termasuk yang terkait dengan HET minyak goreng dari Kementerian Perdagangan RI. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak internal, asosiasi dan berbagai pihak lainnya terkait penerapan kebijakan tersebut.

“Meskipun platform Tokopedia bersifat User Generated Content, di mana setiap penjual bisa mengunggah produk secara mandiri, aksi kooperatif bersama para mitra strategis, termasuk pemerintah, terus lakukan untuk menjaga aktivitas dalam platform Tokopedia tetap sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Advertisement

Menurutnya, jika terdapat penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur.

Hal yang sama juga dilakukan Shopee. Head of Public Affairs, Shopee Indonesia Radynal Nataprawira, menjelaskan pihaknya saat ini telah menerima arahan dari Kementerian Perdagangan terkait dengan HET Minyakita sebesar Rp14.000 per liter.

“Penjual yang menjual produk Minyakita di platform Shopee dengan harga di atas HET akan kami minta untuk mengganti harga sesuai aturan, atau produk tersebut akan kami turunkan. Tim kami juga akan melakukan skrining secara berkala,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Layanan Pemakaman Antar Kemantren Ini Jadi Juara I Anugerah Keterbukaan Informasi DIY 2022

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement