Advertisement

APPBI DIY Dorong Adanya Sentra Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 10 Juli 2022 - 17:47 WIB
Arief Junianto
APPBI DIY Dorong Adanya Sentra Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Feny Selly

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY mendukung syarat vaksin booster untuk masuk mal. Untuk itu APPBI DIY berharap adanya percepatan vaksinasi dan penyediaan sentra vaksinasi di mal.

Ketua APPBI DIY, Surya Ananta mengatakan rencana pemerintah tersebut untuk memastikan kesehatan masyarakat. Secara makro, menurut dia, upaya menjaga kesehatan masyarakat ini sudah dilakukan sejak satu tahun lebih.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Seperti penggunaan aplikasi Peduli Lindungi itu, sebagai pengontrol yang masuk di pusat belanja. Lebih optimistis lagi dan mendukung untuk kesehatan dan pergerakan ekonomi ini. Dulu awalnya kewajiban Peduli Lindungi juga terasa berat, tetapi setelah jalan bisa berjalan dengan baik,” kata Ananta, Minggu (10/7/2022).

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Asuransi Jiwa dan Cara Kerjanya

Sebagai upaya mempercepat vaksin booster, menurutnya, perlu kesadarn dari masyarakat itu sendiri.

Selain itu pemerintah mendorong perceptan vaksinasi, dan menyediakan sentra vaksin di mal. “Jadi ada tenaga kesehatan yang stand by di mal. Jadi pengunjung mal yang belum vaksin booster, bisa vaksin di situ. Kami upayakan itu,” ucapnya.

Dengan aturan baru tersebut, dia menilai tidak secara signifikan menurunkan jumlah kunjungan ke mal. Justru dengan penguatan kesehatan, akan membantu perputaran ekonomi lebih baik juga. “Sejak Ramadan itu sudah baik kunjungan, ini secara gradual naik. Sebentar lagi mahasiswa baru masuk juga. Kalau kesehatan semakin bagus, ekonomi juga semakin stabil,” ujarnya.

Dilansir dari Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), pemerintah akan segera mengeluarkan kebijakan penggunaan vaksin dosis ketiga atau booster sebagai salah satu prasyarat untuk memasuki pusat perbelanjaan atau mal.

BACA JUGA: Ini Alasan Vaksin Booster Dijadikan Syarat Masuk Mal dan Perkantoran

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menjelaskan bahwa pihaknya hingga saat ini masih mengkaji dan mengevaluasi efektivitas vaksin booster sebagai syarat mobilitas masyarakat.

“Kebutuhan vaksin booster untuk masuk mal sedang kami evaluasi dan akan ditetapkan secepatnya,” ucap Dante, pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Ini Desa-desa yang Bakal Dilewati Tol Jogja-YIA

Jogja
| Rabu, 08 Februari 2023, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement