Advertisement

Agustus Diprediksi Puncak Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke DIY

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:57 WIB
Bhekti Suryani
Agustus Diprediksi Puncak Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke DIY nWisatawan asing melintas di lereng Gunung Merapi wilayah Kaliadem, Cangkringan, Sleman, setelah terjadi erupsi, Selasa (3/3/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut Agustus menjadi puncak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di DIY. Wisatawan dari Eropa mendominasi tingkat kunjungan tersebut.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan tren kunjungan wisman di DIY mulai terlihat dari Mei, dan berlanjut di bulan-bulan selanjutnya. “Puncaknya di Agustus ini kunjungan wisman. Setelah Agustus, mulai menurun lagi. Di Desember nanti mungkin agak naik, dengan momen Natal dan Tahun Baru,” ucap Bobby, Rabu (3/8/2022)

Dikatakan Bobby kunjungan wisman saat ini masih didominasi dari Eropa. Tren ini berubah menurutnya, dari sebelum pandemi Covid-19. Sebelumnya tren kunjungan wisman banyak didominasi dari wilayah Asia. “Saya kurang tahu penyebabnya, apakah dari sisi kondisi ekonomi atau karena kebijakan perjalanan dari negaranya,” kata Bobby.

BACA JUGA: Sudah Final, Trase Tol Jogja-YIA Belum Bisa Diungkap ke Publik

Kunjungan wisman yang tinggi beberapa waktu terakhir, membuat semua industri wisata ikut bergerak. Berbeda dengan saat puncak kunjungan wisatawan domestik yang lalu. Menurutnya belum semua industri bisa bergerak. Dicontohkannya yang berkecimpung dalam jasa perjalanan. Wisatawan domestik banyak yang merencanakan sendiri perjalanan, dan berangkat dengan kendaraan pribadi.

“Posisi seperti sekarang banyak inbound masuk, semua tergerakan akomodasi, makan minum, tour travel, guide tergerakan, karena sekitar 70% in package. Saat ini juga dapat dikatakan menunjukan tren positif pemulihan pariwisata,” kata Bobby.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Sugeng Arianto mengungkapkan kunjungan wisman yang masuk dari Yogyakarta International Airport (YIA) mulai terlihat pada April. “Memasuki bulan keempat 2022, pergerakan kunjungan wisman mulai terlihat. Tercatat 35 wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Yogyakarta,” kata Sugeng.

Bahkan pada Mei jumlah kunjungan naik lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, atau tercatat 260 wisman. Tren kenaikan kembali tercatat pada Juni dengan jumlah kunjungan sebanyak 369 wisman atau mengalami kenaikan sebesar 41,92%. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Segera Charge HP! Jogja Akan Mati Listrik Siang ini

Jogja
| Rabu, 10 Agustus 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement